Raja’e: “Pramuka Itu Melatih Generasi Menjadi Pejuang Tangguh”

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e, selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Pamekasan, Rabu (12/8/2020) melantik pengurus Pramuka Penegak Garuda SMAN 1 Pamekasan dan Pramuka Garuda Penggalang SMPN 1 Kadur Pamekasan. Di SMAN 1 dilakukan pagi hari dan di SMPN 1 Kadur siang harinya.
Pada saat melantik Pramuka Garuda Penggalang SMPN 1 Kadur  dalam sambutannya Raja’e meminta agar para anggota Pramuka tidak perlu merasa capek, perlu terus tingkatkan semangat,  karena kegiatan di Pramuka  semuanya bernuansa atau paling tidak melatih anggotanya untuk biasa bergerak dalam sebuah perjuangan.
“Adik adik tidak perlu merasa capek, ini perjuangan, harus bersemangat. Pramuka saat saya masih sekolah dulu itu tidak kenal lelah , tidak kenal panas termasuk juga tidak kenal dingin. Makanya Pramuka harus siap dalam situasi dan kondisi apapun,” sarannya.
Ada sejumlah pesan yang disampaikan Raja’e kepada para angota Pramuka terutama Pramuka Penggalang Garuda di Kadur. Dia mengatakan Pramuka Penggalang Garuda SMPN 1 Kadur sangat luar bisa karena kebetulan semua pengurusnya berjumlah sembilan orang dari kalangan perempuan.
“Semoga sembilan orang ini bisa terbang tinggi  laksana burung garuda terbang dan kuat seperti burung garuda terbang jauh entah kemana nanti. Saya berharap sembilan orang ini menjadi kebanggaan kita bersama sama,” katanya diikuti tepuk tangan undangan yang hadir dalam upacara pengukuhan itu.
Kepada pengurus yang dikukuhkan dia meminta agar menjaga kepercayaan dari para pembina, pendamping, kepala sekolah, dewan guru dan civitas akademik di SMPN 1. Karena mereka semuanya telah memberikan kepercayaan kepada para Pramuka itu.
“Dari 100 orang lebih anggota terpilih  9 orang sebagai garuda andalan SMP Negeri Kadur. Tidak mudah menjadi seorang srikandi dan penggalang pramuka garuda. Garuda ini adalah tingkatan paling tinggi dari sekian pramuka. Saya dan semuanya ini memilih perempuan luar biasa ini semoga nanti menjadi perempuan hebat di kabupaten Pamekasan,” harapnya.
Raja’e juga menitipkan SMPN 1 Kadur ini kepada sembilan pengurus Pramuka yang dikukuhkan itu. Dia meminta agar mereka mengajak teman-temannya untuk masuk di sekolah ini, menjaga nama baik almamater, jaga nama baik SMPN 1 Kadur, ikuti bimbingan kepala sekolah dan seluruh dewan guru.
“Adik adik sebenarnya memiliki tanggung jawab besar. Jadi jaga almamater, termasuk beri tauladan yang baik kepada seluruh anggta Pramuka disini. Harus jadi tauladan, kalau bisa di kelas harus jadi ranking teratas. Gak boleh kalah, makanya Garuda itu harus terbang tinggi yang lain tidak usah berkecil hati, tetap semangat insya Allah suatu saat bisa terpilih jua,” ungkapnya.
Selain menjaga kepercayaan dari para pembimbing, menjaga almamater, termasuk didalamnya harus menjaga kehormatan bangsa negara dan agama. Negara dan bangsa Indomesia ada dipundak anak-anak muda termasuk di dalamnya para anggota gerakan Pramuka.
“NKRI tidak boleh runtuh, masa depannya ada di tangan generasi muda seperti anda. Termasuk kalian yang telah dikukuhkan ini. Kebesaran republic ini, NKRI dan tetap kokoh dan tegaknya dan bersatunya negara ini ada di tangan generasi mendatang yang ada ditangan adik-adik semua ini,” pungkasnya. (mas)