Polres Blitar Gandeng Duta Masker Keliling untuk Sosialisasikan Jatim Bermasker

Kepolisian Resort Blitar menyosialisasikan Gerakan Jatim Bermasker dengan cara kreatif. Salah satunya sosialisasi dengan menggandeng duta masker keliling yang berasal mulai kalangan pedagang, ibu-ibu rumah tangga hingga tokoh agama, Selasa (11/8/2020).

BLITAR (global-news.co.id) – Kepolisian Resort Blitar menyosialisasikan Gerakan Jatim Bermasker dengan cara kreatif. Salah satunya sosialisasi dengan menggandeng duta masker keliling.
Uniknya, para duta masker itu memakai atribut pakaian yang tidak biasa. Mereka berkostum ala tentara Jepang, ala pejuang Peta,  hingga ala Presiden Soekarno. Lalu mereka  berkeliling di seluruh pusat keramaian seperti pasar, fasilitas umum, pengguna jalan dan perkampungan di Kabupaten Blitar.
Pakaian unik tersebut sengaja dikenakan untuk menarik perhatian warga sekaligus memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Para duta masker ini berasal dari beberapa kelompok masyarakat, mulai dari kalangan pedagang, ibu-ibu rumah tangga hingga tokoh agama.
Kapolres Blitar AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya menjelaskan instansinya berkomitmen untuk menyosialisasikan Gerakan Jatim Bermasker secara masif sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19.
Gerakan Jatim Bermasker merupakan tindak lanjut dari instruksi  Presiden RII yang diteruskan oleh Kapolda Jatim kepada seluruh jajaran polres.
“Angka penularan COVID-19 bisa ditekan, salah satunya dengan pengunaan masker. Kita ketahui bersama COVID-19 bisa menyebar melalui udara, maka dilakukan pencegahan dengan melaksanakan Gerakan Jatim Bermasker,” ungkap Fanani kepada awak media di sela-sela berkeliling bersama duta masker di Pasar tradisional Kecamatan Wlingi, Selasa (11/8/2020).
Fanani menambahkan, berdasarkan pantauan yang dilakukan kepolisian saat ini, sebagian besar pedagang dan warga sudah disiplin menggunakan masker. Polisi aktif melakukan sosialisasi di masyakat. Bila ditemukan orang yang tidak memakai masker, akan langsung diberikan masker untuk dikenakan.
“Sosialisasi Jatim Bermasker ini sekaligus kita cek apakah penggunaan masker sudah benar-benar dilaksanakan. Dari hasil pengecekan, sebagain besar masyarakat sudah menyadari pentingnya memakai masker di masa pandemi. Namun demikian, masih ada sebagian kecil masyarakat yang tidak pakai masker dan langsung kami beri masker untuk digunakan,” jlentrehnya.
Kapolres menyampaikan, Gerakan Jatim Bermasker akan disosialisasikan hingga berakhirnya pandemi COVID-19. Masker gratis dan edukasi pentingnya masker akan terus disampaikan Polres Blitar melalui sosialisasi. tut