Pelindo III Bantu Relaksasi Pinjaman Rp 1,3 Miliar untuk UKM di Jawa Tengah

Ada 19 mitra binaan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap yang mendapat relaksasi dengan jangka waktu tujuh bulan terhitung mulai Juni 2020 sampai dengan Desember 2020.

SEMARANG (global-news.co.id)– lesunya kondisi perekonomian dunia beberapa bulan terakhir membuat sektor perekonomian terpukul, tak terkecuali  UKM. Prihatin terhadap hal tersebut, Pelindo III tergerak untuk membantu para pengusaha yang terdampak tersebut. Bantuan tersebut berupa stimulus penundaan angsuran terhadap mitra binaan yang terdampak pandemi COVID-19. Ada 19 mitra binaan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap yang mendapat relaksasi dengan jangka waktu tujuh bulan terhitung mulai Juni 2020 sampai dengan Desember 2020.
“Bentuk bantuan relaksasi dibagi menjadi dua jenis, di antaranya relaksasi penundaan pembayaran hingga restrukturisasi pinjaman dengan total pinjaman mencapai lebih dari Rp 1,3 miliar rupiah,” kata CEO Pelindo III Regional Jawa Tengah Ali Sadikin seperti dalam siaran pers, Selasa (11/8/2020).
Ali menjelaskan bahwa bantuan ini sejalan dengan arahan pemerintah untuk membantu perekonomian masyarakat terutama pengusaha mikro yang terdampak langsung oleh pandemi COVID-19 melalui keringanan pinjaman. Selain itu pihaknya sengaja memberi perhatian khusus kepada para pelaku UKM yang terdampak COVID-19 dengan tujuan untuk mendorong pergerakan ekonomi di tengah pandemi.
“Dalam penanganan COVID-19, kami tidak hanya menitikberatkan pada pencegahan penyebaran COVID-19 saja, melainkan dampak lain dari pandemi, seperti di sektor perekonomian masyarakat,” tutur Ali.
Sementara itu Muh Rodin, salah satu pemilik toko alat tulis mengungkapkan kegembiraannya atas perhatian Pelindo III kepada pengusaha kecil khususnya seperti dirinya. Menurutnya dengan adanya bantuan relaksasi pinjaman dampak dari COVID-19 ini dia bisa kembali menyambung usahanya dengan memutar modal usahanya lantaran penjualan produk alat tulis menurun drastis sejak anak sekolah diliburkan.
“Kami bersyukur sekali Pelindo III memberikan keringanan pinjaman pinjaman selama pandemi. Hal ini sangat membantu usaha kami yang sangat terdampak pandemi, terlebih keringanan tersebut bisa kami gunakan untuk membayar karyawan di tempat kami,” ungkap Muh Rodin pemilik toko alat tulis.
Saat ini sedikitnya terdapat 938 UKM mitra binaan dengan berbagai kegiatan yang berbeda mendapatkan bantuan dari Pelindo III. Ini merupakan implementasi core value BUMN AKHLAK yaitu kolaboratif. Tak hanya dalam hal pinjaman modal dengan bunga ringan pada para mitra binaan, Pelindo III juga turut membantu dalam hal promosi hingga penyerapan produk mereka. Rencananya Pelindo III juga akan memberikan pelatihan secara khusus kepada para mitra binaan. tis