Kasus COVID-19 di Filipina Kembali Melonjak Tajam

AFP
Sejak dua hari terakhir, jumlah penduduk terpapar virus corona di Filipina telah menyalip Indonesia.
Pada Minggu (9/8/2020), kasus positif di negara Tagalog itu kembali melambung tinggi.

MANILA (global-news.co.id) – Kasus positif COVID-19 di Filipina mulai meningkat tajam. Sejak dua hari lalu, jumlah penduduk terpapar virus corona di Filipina telah menyalip Indonesia.  Pada Minggu (9/8/2020), kasus positif di negara Tagalog itu kembali melambung tinggi.
Data pandemi COVID-19 di seluruh dunia pada laman worldometer menunjukkan penambahan kasus positif COVID-19 di Filipina pada hari ini mencapai 3.028 orang. Dengan penambahan ini, akumulasi orang terinfeksi menjadi 129.913.
Angka kematian juga bertambah 61 orang sehingga keseluruhan menjadi 2.270 orang. Jumlah kematian ini lebih rendah dari Indonesia yang pada hari ini bertambah 65 orang menjadi 5.723.
Korban terbaru dari keganasan COVID-19 menimpa salah seorang pejabat senior militer Filipina. Perwira itu meninggal di Rumah Sakit V Luna di Kota Quezon.
“Perwira militer senior meninggal di Rumah Sakit Medis V. Luna di Kota Quezon saat menunjukkan gejala penyakit coronavirus 2019 (COVID-19),” kata Juru Bicara Angkatan Bersenjata Filipina (AFP) Mayjen Edgard Arevalo kepada wartawan seperti dikutip dari PNA, Minggu (9/8/2020).
Dijelaskan Edgard, pihaknya belum menerima laporan medis resmi yang akan mengungkapkan penyebab kematian selain gejala sebelumnya yang menunjukkan COVID-19.
Hingga 8 Agustus, Angkatan Bersenjata Filipina melaporkan 1.137 personelnya telah terinfeksi penyakit yang belum ada obatnya itu. Presiden Rodrigo Duterte juga telah menerapkan kembali lockdown untuk mengantisipasi penyebaran lebih luas. zis, pna, ine