Gencar Tes Swab, Kasus Konfirmasi Positif di Kabupaten Blitar Bertambah

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti

BLITAR (global-news.co.id) – Gencarnya tes swab yang dilakukan Satgas COVID-19 membuat data jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Blitar terus bertambah. Hingga Jumat 7 Agustus 2020 tercatat total kasus sebanyak 264. Rinciannya 123 sembuh, 129 diobservasi dan 12 meninggal dunia.
“Catatan kami ada tambahan pasien positif dalam dua hari terakhir. Pada Rabu (5/8/2020) lalu ada tambahan sebanyak 51 kasus konfirmasi positif. Sementara pada Kamis (6/8/2020) kemarin ada tambahan 6 kasus konfirmasi positif,” ujar Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti, Jumat (7/8/2020).
Dikatakannya, penambahan pasien positif tersebut tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Blitar. Dari 22 kecamatan ada 3 kecamatan di Kabupaten Blitar yang masuk zona hijau. Sementara sisanya sebanyak 19 kecamatan masuk dalam zona merah.
“Total ada 19 kecamatan yang masuk dalam zona merah. Sisanya 3 kecamatan masuk dalam zona hijau masing-masing Kecamatan Bakung, Wonotirto dan Panggungrejo,” paparnya.
Tambahan beberapa kasus konfirmasi positif tersebut diketahui beberapa di antaranya merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Pemerintah Kabupaten Blitar dan Dinas Kesehatan. Temuan itu ditindaklanjuti Satgas COVID-19 dengan melakukan swab test kepada seluruh pegawai di Dinas Kesehatan dan Seketariat Daerah Pemkab Blitar.
“Mereka yang telah melakukan swab test saat ini menjalankan pekerjaan mereka dari rumah (Work From Home/WFH). Sementara di dua tempat ini kami juga melakukan cleaning dengan menyemprotkan disinfektan,” terangnya.
Empat pegawai di bagian Prokopim itu terdiri dari dua laki-laki dan dua wanita. Mereka terpapar COVID-19 setelah seorang pegawai BNN Kabupaten Blitar berkunjung ke ruangan bagian Prokopim.
Beberapa hari usai berkunjung, pegawai BNN itu dinyatakan positif COVID-19. Usai empat orang dinyatakan positif, seluruh pegawai yang pernah kontak erat dengan empat pegawai Prokopim di-swab ulang pada Rabu 5 Agustus 2020.
Sementara satu kasus positif lainnya dari Dinas Kesehatan. Diketahui Diketahui pegawai tersebut baru kembali dari Pasuruan. tut