Gaet Investor Asing, Pemerintah.Siapkan 27 Kawasan Industri

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

JAKARTA (global-news.co.id) –  Pemerintah tengah menyiapkan 27 Kawasan Industri Terpadu (KIT) baru. Rencana itu sudah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, 27 KIT itu pembangunannya difokuskan ke tiga wilayah yakni, Brebes, Madura dan di luar Pulau Jawa. Bahkan, sebagian lainya sudah dalam proses konstruksi.
“Kita lihat bahwa dalam RPJMN 2020-2024 pemerintah sudah menyiapkan 27 kawasan industri baru. Sebagian dari 27 ini sudah dalam konstruksi dan kita bisa lihat dari 27 ini yang kita alokasikan di Jawa yaitu Brebes dan Madura, di Bangkalan. Yang lainnya memang kita alokasikan di luar Jawa,” ujar Agus di Jakarta, Selasa (4/8/2020).
Agus meyakini bahwa pembangunan 27 Kawasan Industri Terpadu ini mampu menarik minat investor luar negeri. Di mana, dia mengutip hasil survei American Chamber yang mengatakan sebanyak 70% perusahaan di Tiongkok akan memilih negara-negara ASEAN untuk melakukan realokasi investasinya.
Potensi ini, lanjut dia, membuat pemerintah melakukan sejumlah langkah promosi agar nilai investasi para investor asing dapat dialihkan ke Indonesia. Bahkan, kata Agus, langkah persiapan juga sudah dilakukan oleh beberapa negara ASEAN lainnya.
Pemerintah, kata dia, terus mendekatkan kawasan industri dengan sumber daya baik itu bahan baku dengan tujuan agar disparitas ekonomi melalui pertumbuhan manufaktur bisa teratasi. ejo, wah, sin