Dua Anggota Satpol PP Kabupaten Blitar Positif COVID-19

Ilustrasi Satpol PP Kabupaten Blitar. Saat ini ada dua kasus konfirmasi positif COVID-19 ASN Pemkab Blitar yang bertugas di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

BLITAR (global-news.co.id) – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Blitar kembali dilaporkan terpapar COVID-19. Setelah ASN yang bertugas di Bagian Prokopim Setda dan Dinas Kesehatan, saat ini tercatat dua kasus konfirmasi positif ASN Pemkab Blitar yang bertugas di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).
Kedua anggota Satpol PP dinyatakan positif setelah sebelumnya mengikuti swab test massal bersama Bupati Blitar Rijanto.
Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti mengatakan, berdasarkan hasil tracing diketahui dua anggota Satpol PP terkonfirmasi positif memiliki riwayat kontak erat dengan pegawai  Bagian Prokopim Setda yang terkonfirmasi positif COVID-19.
“Dua anggota Satpol PP ini memiliki riwayat kontak erat dengan pegawai Prokopim yang positif COVID-19,” ungkap Krisna Yekti, Sabtu (15/8/2020).
Dua anggota Satpol PP yang terkonfirmasi positif memiliki tugas di bagian administrasi. Keduanya masih dalam kategori kasus positif tanpa gejala. “Mereka berdua sudah menjalani isolasi.  Karena tanpa gejala, mereka isolasi di LEC Garum,” paparnya.
Gerak cepat kemudian dilakukan Satgas COVID-19 Kabupaten Blitar dengan melakukan tes swab kepada seluruh personel Satpol PP. Tercatat sebanyak 86 anggota Satpol PP menjalani tes swab massal selama dua hari, 14 dan 15 Agustus. Mereka terdiri dari  Satpol PP dan petugas Pemadam Kebakaran yang berada di bawah naungan Satpol PP Kabupaten Blitar.
Saat dikonfirmasi, Kepala Satpol PP Kabupaten Blitar Rustin mengatakan saat ini seluruh tenaga administrasi di Satpol PP dirumahkan hingga 19 Agustus mendatang. Personel yang tetap bekerja adalah anggota yang bertugas di bagian pengawalan dan piket pos.
“Setelah swab test, anggota yang hasil test nya negatif kembali masuk kerja. Sementara yang hasilnya belum keluar, mereka kerja dari rumah untuk sementara waktu sambil menunggu hasil tesnya keluar. Nah yang untuk personel ini termasuk  Damkar kita On Call. Setiap saat ada telepon kita bergerak. Karena kita tidak seperti ASN di instansi lain,” katanya. tut, ins