Cegah Penyebaran COVID-19, KPU Gresik Percepat Coklit

Semula coklit di Gresik dijadwalkan selesai 14 Agustus, akhirnya dipercepat dan ditarget tuntas, Rabu (5/8/2020) esok.

GRESIK (global-news.co.id) — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik mempercepat penuntasan proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih, demi menghindari penyebaran COVID-19 di daerah setempat. Semula coklit dijadwalkan selesai 14 Agustus, akhirnya dipercepat dan ditarget tuntas, Rabu (5/8/2020) esok.
Komisioner KPU Gresik Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Abdullah Sidiq Notonegoro menjelaskan, target dipercepatnya coklit agar segera selesai.
“Petugas coklit tidak boleh lama-lama di dalam rumah calon pemilih. Karena petugas harus menjaga diri supaya terhindar dari pandemi COVID-19,” kata dia, Selasa (4/8/2020).
Menurut dia, banyak aspek yang harus ditaati petugas coklit ketika di lapangan. Pola kerja Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) harus sesuai protokol kesehatan.
Petugas mendatangi rumah untuk mengupayakan bertemu langsung dengan pemilih. Meminta pemilih menunjukkan dokumen kependudukan, baik KTP, Surat Keterangan dan Kartu Keluarga. “Memperbaiki data pemilih jika tidak cocok dan mencoret data pemilih yang tidak memenuhi syarat,” kata dia.
Selanjutnya, mencatat pemilih yang sudah memenuhi syarat namun belum terdaftar. Memberikan tanda bukti pendaftaran model AA.1-KWK. Mengisi dan menempel stiker formulir model AA.2-KWK.
“Yang terakhir petugas harus berkoordinasi dengan PPS. Nah, masa pandemi ini petugas tidak boleh lama-lama di dalam rumah pemilih,” pungkas dia. sep, ins