Adu Tangguh Neuer dan Ter Stegen

Marc-Andre Ter Stegen (kiri) dan Manuel Neuer saat berfoto untuk timnas Jerman. -TopSkor.Id/Istimewa

LISABON (global-news.co.id)-Duel perempatfinal Liga Champions mempertemukan Barcelona dan Bayern Munich. Laga ini akan berlangsung di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, Sabtu (15/8/2020) dini hari WIB.

Pertemuan Barcelona dan Bayen Munich ibaratnya duel antara Marc-Andre ter Stegen dengan Manuel Neuer. Neuer kerap dianggap lebih baik. Namun data statistik justru tak demikian.

Adu tangguh dua kiper asal Jerman antara Marc Ander ter Stegen dan Manuel Nuer dipastikan akan mewarnai pertandingan ini. Pertemuan mereka bakal menarik karena keduanya sempat saling serang di media terkait status kiper nomer satu di timnas Jerman pada akhir tahun lalu.

Ter Stegen kala itu mengeluh di media karena hanya menjadi kiper pelapis Neuer di timnas Jerman. Padahal, ia mampu tampil bagus di Barcelona.

Komentar Ter Stegen ini kemudian dibalas oleh Neuer. Kapten timnas Jerman ini menilai Ter Stegen tak seharusnya mengungkapkan hal itu ke media karena bisa mengganggu keharmonisan Die Mannschaft, julukan timnas Jerman.

Usai perseteruan tersebut, hubungan Neuer dan Ter Stegen dilaporkan perlahan mulai membaik. Namun menjelang laga Barcelona vs Bayern, beberapa pihak kembali membakar sumbu perseteruan antara keduanya.

CEO Bayern Munich yang juga legenda Jerman, Karl Heinz Rummenigge menyebut Ter Stegen belum selevel dengan Neuer. Neuer dianggapnya sebagai kiper kelas dunia. “Jerman beruntung memiliki sepasang penjaga gawang ini, meskipun Neuer benar-benar kiper kelas dunia dan Ter Stegen masih dalam perjalanannya menuju level itu, ” jelas Rummenigge dikutip dari Marca.

Namun jika dilihat dari statistik di Liga Champions musim ini, Ter Stegen sebenarnya justru tampil lebih baik dari Neuer.

Ter Stegen yang tampil tujuh kali di Liga Champions musim ini baru kebobolan lima gol. Sementara, Neuer yang bermain lebih banyak satu pertandingan harus kebobolan enam gol.

Ia juga unggul jumlah penyelamatan daripada seniornya tersebut. Dikutip dari Opta, Ter Stegen membuat 22 penyelamatan unggul empat penyelamatan dari Neuer yang membuat 18 saves.

Tak hanya itu, Ter Stegen lebih aktif pula dalam memotong umpan silang. Ia mencatatkan tiga kali menangkap bola atas dan satu kali tinjuan. Sementara, Neuer hanya masing-masing melakukan satu tangkapan dan tinjuan.

Terkait kemampuan keluar dari sarang untuk memutus serangan lawan, Ter Stegen bahkan lebih impresif daripada Neuer. Padahal, kemampuan tersebut sebenarnya begitu lekat dengan kiper 34 tahun tersebut.

Ter Stegen membuat enam sapuan dan satu intersep. Neuer tampaknya lebih pasif musim ini dengan hanya membuat satu sapuan dan belum sekalipun mencatatkan intersep.

Hal ini membuat laga Barcelona vs Bayern semakin menarik untuk dinantikan. Laga tersebut menjadi pembuktian siapa yang lebih baik antara Neuer dan Ter Stegen. dtc, ins