Tes Swab, Dua Anak 9 Tahun di Rembang Blitar Positif COVID-19

Ilustrasi tes swab pada anak.

BLITAR (global-news.co.id) — Sebanyak 8 kepala keluarga yang terdiri dari 27 orang di Kelurahan Rembang, Kota Blitar, menjalani swab test oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Tes swab tersebut dilakukan setelah adanya empat warga yang tinggal di Jalan Waru, Kelurahan Rembang terkonfirmasi positif COVID-19.
Selain melakukan tes swab, satu jalan di kelurahan tersebut juga di-lockdown atau karantina untuk menghindari penularan semakin meluas.
Penularan COVID-19 di daeran tersebut berawal dari seorang tenaga kesehatan (nakes) yang bekerja di RS Kabupaten Blitar. Belakangan tenaga kesehatan itu dinyatakan positif COVID-19. Kemudian dia menulari bapaknya (68). Pada 30 Juni kemarin bapaknya meninggal dunia dengan status PDP.
” Kami sempat lakukan swab test sebelum dia meninggal. Pada 5 Juli hasilnya keluar bersamaan dengan hasil swab tes nakes. Hasilnya positif COVID-19,” ungkap Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kota Blitar M Muchlis, Kamis (9/7/2020).
Sebagai antisipasi, 27 orang di Kelurahan Rembang telah menjalani swab test. Hasilnya, ada dua tambahan pasien positif COVID-19. Yakni dua anak perempuan berusia 9 tahun. Dua anak tersebut masing-masing satu adalah anak dari nakes (tenaga kesehatan) dan satu lagi teman bermainnya di lingkungan setempat.
“Dua pasien positif baru ini masih anak-anak. Mereka masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). Mereka telah mendapat penanganan medis dan saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan dari tim medis,” paparnya.
Sementara, Sekretaris Gugus Tugas COVID-19 Hakim Sisworo menyampaikan, Pemkot Blitar memenuhi kebutuhan sehari-hari warga yang menjalani karantina di Kelurahan Rembang. “Pemkot Blitar memenuhi kebutuhan pokok makanan bagi  8 KK yang menjalani karantina. Dalam sehari, kami kirimkan tiga kali,” jelas Hakim.
Sebelumnya di Kelurahan Rembang juga terdapat pasien positif COVID-19. Mereka adalah pasangan suami istri yang kini sudah dinyatakan sembuh. Keduanya kini melanjutkan isolasi mandiri di rumah.  Secara keseluruhan jumlah pasien positif COVID-19 di Kota Blitar adalah 13 orang. Rinciannya, 6 sembuh, 6 dirawat, dan 1 meninggal dunia. tut, bti