Sekitar 1.000 Jamaah Mulai Laksanakan Ibadah Haji

Reuters
Hari Tarwiyah menandai awal dimulainya proses ibadah haji. Sekitar 1.000 jamaah berkumpul di Lembah Mina di luar Makkah, Arab Saudi untuk memulai perjalanan spiritual mereka.

MAKKAH (global-news.co.id) — Sekitar 1.000 jamaah berkumpul di Lembah Mina di luar Makkah, Arab Saudi untuk memulai perjalanan spiritual mereka. Hari Tarwiyah menandai awal dimulainya proses ibadah haji.

Tidak ada ritual besar, sehingga para jamaah akan menghabiskan waktu mereka berdoa dan merenung sampai matahari terbit pada esok hari. Pada Kamis esok para jamaah akan melakukan perjalanan ke Arafat untuk mendengarkan khotbah, puncak haji. Mereka kemudian pergi ke Muzdalifah dan bermalam, sebelum kembali ke Mina untuk ritual Jamarat.

Di antara para jamaah di Mina adalah Zaker Kareem dan Saifullah Al-Mohammedani, dua warga Iran yang bertemu di universitas di Madinah enam tahun yang lalu dan tinggal di Saudi. Al-Mohammedani sedang menyelesaikan tahun terakhirnya di universitas. Mereka berdua mendaftarkan nama mereka di portal haji secara bersamaan.

“Saya memeriksa portal sepanjang waktu untuk melihat apakah aplikasi saya diterima atau tidak,” kata Al-Mohammedani dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Arab News pada Rabu (29/7/2020).

Sementara itu, Kareem mengatakan dia mengaku sangat bahagia ketika mengetahui dia masuk dalam daftar 1.000 jamaah yang diziinkan untuk berhaji. “Saya menelepon Zaker dan dia memberi tahu saya bahwa dia juga diterima. Saya benar-benar bahagia,” kata Kareem.

Zelkin, seorang jamaah Azerbaijan yang tinggal dan bekerja di Jubail, mengatakan dia ingin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Saudi atas kesempatan untuk dapat menjalan ibadah haji pada saat yang sulit. “Saya tahu sangat sulit ketika ada COVID-19 di mana-mana, untuk membuat pengaturan semacam ini dalam waktu yang singkat. Saya tidak percaya ini. Ini adalah kesempatan sekali seumur hidup. Ini bukan keberuntunganku, ini kehendak Allah dan kamu harus mengikuti kehendaknya,” ujarnya. zis, arn, ndo