Rombongan Pertama Jamaah Haji Tiba di Makkah

Arab News
Rombongan pertama haji tahun ini tiba di Makkah. Karena pandemi COVID-19, haji tahun ini terbatas hanya sekitar 1.000 jamaah.

MAKKAH (global-news.co.id) — Rombongan pertama haji tahun ini dilaporkan telah tiba di Makkah. Karena pandemi COVID-19, haji tahun ini terbatas pada sekitar 1.000 jamaah, semuanya dari dalam Arab Saudi, sekitar 700 di antaranya adalah ekspatriat.
Abdullah Al-Kathiri, seorang warga Uni Emirat Arab (UEA) mengatakan dia harusnya berhaji tahun lalu, tapi ditunda karena bertepatan dengan rencana pernikahannya. Pria yang berhasil pulih dari COVID-19 itu, mengaku tidak menyangka mendapat kesempatan untuk berhaji tahun ini.
“Saya telah mendengar dari banyak orang yang melakukan ibadah haji dalam beberapa tahun terakhir bahwa itu selalu merupakan proses yang lancar, bahkan dengan jumlah besar,” ucap Al-Kathiri seperti dilansir Arab News, Minggu (26/7/2020).
Dia menyebut berhaji dengan jumlah jamaah yang terbatas tahun ini, tentunya itu akan menjadi pengalaman hebat.
Khadija, seorang ekspatriat asal Bulgaria, berlinang air mata ketika dia mendengar dia mendapat kesempatan untuk melakukan haji tahun ini. “Saya tidak berharap mereka akan menerima. Saya yakin haji tahun ini akan menjadi yang luar biasa dalam segala hal,” ucapnya.
Haifa Yousef Hamdoon, seorang dokter asal Tunisia yang bekerja di Qassim, mengaku tidak berharap bahwa dia akan mendapatkan kesempatan untuk menjalankan haji tahu ini karena jumlah yang sangat terbatas. “Ketika saya menerima konfirmasi permintaan saya, saya sangat senang dan tidak bisa mempercayainya,” katanya.
Setelah menyelesaikan prosedur kedatangan mereka, para jamaah dibawa ke akomodasi mereka di Makkah, diawasi oleh Kementerian Haji dan Umrah. Mereka akan tinggal di sana selama empat hari sebelum memulai proses ibadah haji pada 30 Juli. sin, arn