Plesiran Nguri – Nguri Budaya ke Situs Antaboga

 
BANYUWANGI (global-news.co.id) – Keberadaan situs Antaboga yang berada di wilayah BKPH Glenmore, RPH Wonoasih di petak 36 i, Luas Baku 2,37 Ha memiliki nilai sejarah untuk dilestarikan.
 
Perjalanan menuju lokasi situs dari kota Banyuwangi dibutuhkan waktu kuranglebih 2 jam melewati jalur Kecamatan Sempu menuju Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore. Untuk menuju ke sana masih bisa menggunakan kendaraan pribadi roda 4 ataupun roda 2, kondisi jalan berbatu diperkirakan berjarak kuranglebih 500 meter.
 
Seperti disampaikan oleh rombongan mbah Gimbal, Gus Beni, Gus Salam dan beberapa rekannya yang datang bersama – sama mengunjungi situs antaboga. Gus Beni mengatakan, situs Antaboga yang sudah ada lebih dari ratusan tahun ini memiliki nilai sejarah yang harus terus dilestarikan keberadaannya.
 
” Kedatangan kami ke situs ini bukan yang pertamakalinya dan kami sering beberapa waktu lalu datang bersama – sama dengan rombongan tamu yang lainnya. Suasana yang indah dengan udara yang sejuk hingga kita bisa membuat betah untuk berlama – lama menikmati panorama di sini. Apalagi dengan melakukan kegiatan ritual,” terangnya kemarin.
 
Begitupula disampaikan pengelola situs Antaboga. Dikatakan bahwa tempat ini sudah ada sejak zaman dahulu. Tamu yang mengunjungi tempat ini dari segala penjuru daerah karena senang dengan suasananya yang asri.
 
Selain itu, keberadaan airnya sangat melimpah ruah. Hingga saat ini air yang mengalir sangat besar manfaatnya bagi masyarakat sekitarnya. “Dimanfaatkan warga sekitar,” katanya. (tyo)