Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

PKS Jatim Desak Kebijakan Perlindungan Nakes Ditingkatkan dan Beri Penghargaan kepada yang Gugur

Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan menegaskan betapa pentingnya keberadaan tenaga kesehatan. Karena itu, pihaknya meminta pemerintah agar memberikan perhatian lebih kepada mereka.

 

SURABAYA [global-news.co.id] —  Semakin banyaknya tenaga kesehatan atau nakes yang gugur akibat terpapar COVID-19, membuat banyak pihak prihatin. Di Jawa Timur, tercatat 176 lebih tenaga kesehatan yang terpapar COVID-19. Sebanyak 111 di antaranya perawat. Menurut Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Surabaya dan Perhimpunan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jatim, dari jumlah yang terpapar tersebut, setidaknya 10 dokter dan 8 perawat telah meninggal dunia.

Untuk itu, Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan menegaskan betapa pentingnya keberadaan nakes. Karena itu,  pihaknya  meminta pemerintah agar memberikan perhatian lebih kepada para tenaga kesehatan.

“Kita semua prihatin atas banyaknya nakes yang terpapar. Ini menandakan perlindungan kita terhadap mereka masih belum optimal. Padahal para nakes inilah yang sangat berperan dalam penanganan wabah COVID-19,” ujarnya mantan Anggota DPRD Jatim, Senin (6/7/2020).

Ditambahkannya,  ada beberapa hal yang bisa dilakukan pemerintah dalam membantu nakes. Pertama, memastikan ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap di tiap Rumah Sakit. “Baju Hazmat, masker N95 dan APD lainnya mesti dalam kondisi tersedia dalam stok yang memadai. Pemerintah harus cek satu demi satu di lapangan,” katanya.

Kedua, lanjut Irwan, memastikan bangunan dan manajemen Rumah Sakit telah disesuaikan dengan protokol COVID-19. “Misalnya memisahkan koridor pasien COVID-19, ruang ganti nakes yang memadai, ruang istitahat, juga asupan gizi bagi para nakes. Ini kalau tidak dicek satu-satu bisa terabaikan,” tuturnya.

Yang ketiga, menurut Irwan, adalah perlindungan hukum dan keamanan. “Ada nakes yang dituduh tidak memperlakukan pasien dengan baik padahal sudah sesuai protokol COVID-19. Ada pula yang digeruduk keluarga pasien karena ingin mengambil jenazah. Ada juga yang memaksa membawa pulang pasien COVID-19. Ini perlu perlindungan dari aparat keamanan agar beban nakes tidak ditambah dengan kekerasan fisik atau pun kriminalisasi,” jelasnya.

Sedangkan yang keempat, imbuhnya, adalah pencairan insentif bagi tenaga kesehatan sebagaimana yang dijanjikan pemerintah. “Pencairan ini katanya terhambat soal verifikasi. Saya pikir database tenaga kesehatan pasti lengkap. Karena ada pendidikannya, ada organisasi profesi, ada manajemen rumah sakit, bahkan kepegawaian pemerintah. Datanya lengkap. Tidak seperti data penerima bantuan sosial (bansos) yang mungkin bisa sangat dinamis. Data nakes ini kan rigid. Jadi verifikasinya tidak sulit. Jumlahnya juga tidak sebanyak penerima bansos. ” terang Irwan.

Irwan menyampaikan bahwa para tenaga kesehatan juga memiliki keluarga yang harus dihidupi. “Saya yakin ketika menangani pasien COVID-19 mereka tidak berpikir soal insentif. Tapi mereka ini kan punya keluarga yang harus dijaga kesehatannya karena mereka rentan terpapar. Bahkan sampai banyak yang tak menemui keluarga mereka hingga berbulan-bulan agar tak menularkan risiko ke orang-orang yang dicintai. Perlambatan ekonomi saat ini kan berdampak bagi semua orang. Termasuk tentu para nakes dan keluarga mereka. Karena itu pemberian insentif adalah bagian dari perlindungan bagi para nakes, ” paparnya.

Dengan meningkatnya perlindungan bagi para nakes, Irwan berharap tak ada lagi nakes yang terpapar COVID-19 dan gugur. “Sehingga sumber daya kita dalam penanganan pandemi tidak berkurang. Sebab satu orang nakes sangatlah berarti dalam menyelamatkan kita semua dari wabah ini. Sebab itu, PKS Jatim minta agar Ppemerintah juga memberikan penghargaan kepada para nakes yang gugur dalam pengabdiannya karena COVID-19,” pungkasnya. cty

baca juga :

Liga 1: Gelar Internal Game, Uston Puas Perkembangan Pemain Persebaya

Redaksi Global News

Pacu Perekonomian Ponorogo, Bank Jatim Salurkan Kredit Dana Bergulir dan PEN

Titis Global News

Ribuan Warga Saksikan Gerhana Matahari Cincin di Masjid Al Akbar

Redaksi Global News