Pilwali Solo, PDIP Resmi Usung Anak Sulung Jokowi

Dok
Gibran Rakabuming Raka mengantongi tiket resmi PDIP dalam Pemilihan Walikota (Pilwali) Solo. Anak sulung Presiden Joko Widodo (Widodo) itu dipasangkan dengan Teguh Prakosa.

JAKARTA (global-news.co.id) — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi mengusung Gibran Rakabuming Raka di Pemilihan Walikota (Pilwali) Solo. Anak sulung Presiden Joko Widodo (Widodo) itu dipasangkan dengan Teguh Prakosa.
Keputusan ini disampaikan langsung oleh Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani dalam agenda Pengumuman Tahap Kedua Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Pilkada Serentak 2020.
Pengumuman dilakukan secara live streaming di Facebook Fanspage PDIP dan Youtube, Jumat (17/7/2020) siang.
“Untuk Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa,” kata Puan Maharani membacakan daftar calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang diusung PDIP di Pilkada 2020. Teguh Prakosa saat ini anggota DPRD Kota Solo.
Agenda pengumuman tahap kedua calon kepala daerah dan wakil kepala daerah oleh PDIP ini tepat dimulai pukul 14.00. Acara ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristianto.
Terlihat hadir dalam pengumuman di Kantor DPP PDIP Jakarta, Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto, Anggota DPR RI dari PDIP Djarot Saiful Hidayat, dan sejumlah fungsionaris partai lainnya.
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan puterinya, Puan Maharani juga bergabung dalam pengumuman yang dilakukan secara virtual itu di tempat terpisah.
Acara pengumuman tahap kedua pasangan calon di Pilkada Serentak 2020 itu diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya lalu dilanjutkan dengan Mars PDIP.
Dalam pembukaannya, Hasto Kristiyanto juga menyampaikan duka mendalam atas bencana banjir bandang yang terjadi di Masamba, Luwu Utara Sulawesi Selatan. “Organ PDIP telah bergerak membantu korban tanpa melihat latar belakang suku, agama dan pilihan politiknya,” katanya.

Janji Menangkan Solo
Dalam kesempatan teleconference, Gibran mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri yang telah memberinya ‘tiket’ dan rekomendasi untuk bertarung dalam Pilkada Surakarta.
“Rekomendasi ini bagi saya adalah suatu kehormatan sekaligus tanggung jawab untuk bisa memenangkan kontestasi pilkada Kota Surakarta 2020,” kata Gibran, Jumat (17/7/2020).
Dia mengatakan dengan Teguh akan segera melakukan komunikasi intensif, koordinasi dan konsolidasi ke internal jajaran pengurus seluruh DPC, anak cabang, hingga tingkat ranting di PDI Perjuangan Kota Surakarta mengikuti arahan Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo.
Gibran juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran pengurus pusat partai dan Surakarta karena telah membantu mengarahkan dirinya dalam proses pencalonan ini. Gibran mengaku menjadikan momentum ini sebagai konsolidasi dan pemenangan PDIP kota Surakarta agar bisa mendudukkan kembali kader terbaiknya untuk memimpin Kota Surakarta.
“Sebelum saya mengakhiri sambutan ini marilah kita semua menjadikan pilkada kali ini tidak hanya sebagai sebuah proses politik dan demokrasi tetapi juga sebagai ajang gotong-royong untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19,” tutur dia.  sir, dja, sin, ins