Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

Pemerintah Jamin Tarif Listrik Tidak Naik Sampai Akhir Tahun

Hingga akhir tahun pemerintah tidak mengambil keputusan untuk menaikkan tarif listrik.

 

JAKARTA (global-news.co.id) — Kementerian ESDM menegaskan bahwa hingga akhir tahun pemerintah tidak mengambil keputusan untuk menaikkan tarif listrik. Tarif listrik masih tetap sama tanpa penyesuaian.

Soal keluhan soal kenaikan tagihan listrik, menurut Dirjen Ketenagalistrikan Rida Mulyana bukan disebabkan oleh naiknya tarif listrik, melainkan karena meningkatnya pemakaian listrik.

“Pada kesempatan ini kami tekankan, pemerintah sampai saat ini tidak mengambil keputusan untuk menaikkan tarif listrik hingga akhir tahun. Kalau ada kenaikan tagihan listrik bulanan itu semata-mata karena kenaikan pemakaian,” ujar Rida dalam konferensi pers virtual via YouTube BNPB, Rabu (1/7/2020).

Sementara itu, misalnya ada masyarakat yang mau melakukan pengaduan soal layanan listrik, khususnya soal subsidi listrik, Rida menyarankan bisa langsung ke web Kementerian ESDM. Ataupun lewat aplikasi pengaduan kepesertaan subsidi listrik (Peduli). “Kalaupun ada pengaduan, kami sediakan salurannya sejak 2017 berbasis web, untuk tahun ini kita lengkapi alat untuk memudahkan aduan itu dengan meluncurkan program peduli berbasis mobile. Bisa memudahkan masyarakat secara mandiri mengadukan aduannya, misalnya bahwa yang bersangkutan bisa dapat subsidi,” papar Rida.

Sebagai informasi, untuk tahun depan, anggaran subsidi listrik dalam RAPBN 2021 ditetapkan sebesar Rp 50,47-54,55 triliun. Angka ini turun dari anggaran yang ditetapkan pada tahun ini sebesar Rp 54,79 triliun. “Dengan penetapan kebijakan subsidi listrik tepat sasaran serta mendukung asumsi makro yang baik dan efisiensi PLN, subsidi listrik dan biaya pokok penyediaan dipastikan turun 2021. Meskipun tidak ada pencabutan subsidi dan sama dengan kebijakan subsidi 2020 penerapan ke-25 golongan,” ujar Arifin dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR, Senin (29/6/2020). ejo, ins

baca juga :

Tiap Bulan, Potensi Zakat ASN Pemkot Surabaya Capai Rp4 Miliar

KPPT Pamekasan Launching Aplikasi Android Program POINT

Redaksi Global News

PT MKI Pasok 1.668 Ton Produk Mortar untuk Pembangunan Gedung BUMN Center

Redaksi Global News