Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Ponpes Tangguh di Madiun

Kedatangan Kapolri Jenderal Polisi Drs Idham Azis MSi dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto ke Pondok Pesantren Subulul Huda, Kembang Sawit Kabupaten Madiun, Jumat (10/7/2020).

MADIUN (global-news.co.id) — Kapolri Jenderal Polisi Drs Idham Azis MSi dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melakukan silaturahim ke Pondok Pesantren Subulul Huda, Kembang Sawit Kabupaten Madiun, Jumat (10/7/2020).
Kedatangan keduanya untuk memastikan langsung kesiapan pondok pesantren dalam menjalankan protokol kesehatan COVID-19.
Forkopimda Jatim, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr Mohammad Fadil Imran MSi, bersama Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, serta didampingi Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah, turut mendampingi Kapolri dan Panglima TNI saat silaturahim di Ponpes Subulul Huda, Pondok Pesantren Tangguh.
Sementara, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, silaturahim ini sekaligus untuk melihat langsung di lapangan, salah satunya pesantren tangguh Subulul Huda Madiun. Pihaknya ingin melihat penerapan protokol kesehatan di lingkungan pesantren tersebut.
“Ponpes ini sudah masuk Ponpes Tangguh Semeru, sehingga apa yang sudah dilaksanakan di sini adalah sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19. Kita lihat seluruh santri di sini selalu menggunakan masker, kemudian menjaga jarak, dan Insya Allah juga tiap hari mencuci tangan, paling tidak lima kali sehari mencuci tangan,” jelas Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.
Dia juga menjelaskan kepada pengasuh pondok pesantren untuk tetap melaksanakan kebiasaan tersebut serta menularkan kepada masyarakat yang lain.
“Jadi apa yang sudah dilaksanakan dan disampaikan oleh pengasuh pondok pesantren, saya minta untuk tetap dipertahankan dan juga ditularkan kepada masyarakat, karena ibu gubernur juga memberikan bantuan masker kepada masyarakat, supaya masyarakat juga mengikuti apa yang sudah dilaksanakan di pesantren ini,” lanjutnya.
Selain itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga mengatakan, saat ini Jawa Timur dari zona kuning menuju zona hijau. TNI Polri sudah diterjunkan sejak awal untuk membantu pemerintah daerah, dalam rangka mendisiplinkan protokol kesehatan dan sampai sekarang terus dilaksanakan.
“Saya dan Kapolri hanya ingin melihat secara langsung ke bawah, terutama adalah pondok pesantren. Untuk pasar tradisional, mal, sampai saat ini prajurit TNI dan Polri semua masih eksis di sana untuk mengawasi protokol kesehatan,” pungkas Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. tut, wah