Pacu Proyek Infrastruktur Daerah, PT SMI Siap Kucurkan Pinjaman Rp 16,5 T

Dok GN
PT SMI siap memberikan pinjaman agar Pemda dapat menggiatkan berbagai program pemulihan ekonomi di daerah melalui sumber pembiayaan yang ringan.

JAKARTA (global-news.co.id)—  Pemerintah melalui PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) memberikan pinjaman kepada beberapa daerah untuk memulihkan kondisi perekonomian yang terdampak pandemi virus corona (COVID-19).
Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menerangkan, pinjaman ini agar Pemda dapat menggiatkan berbagai program pemulihan ekonomi di daerah melalui sumber pembiayaan yang ringan dengan tersedianya juga subsidi bunga atas pinjaman daerah ini dan membuat proyek infrastruktur semakin menggeliat.
“Diharapkan dengan dukungan pembiayaan dari PT SMI (Persero) bagi Pemerintah Daerah, berbagai proyek infrastruktur kepada Pemda akan dapat berjalan untuk kembali menggerakkan geliat ekonomi daerah,” kata Wimboh di Jakarta, Senin (27/7/2020).
Dia melanjutkan program pemulihan ekonomi negara yang bertujuan melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya selama pandemi COVID-19 harus menjangkau ke seluruh daerah agar tercipta survival dan recovery yang merata.
“Untuk itu, Pemda memiliki peran besar dalam mengefektifkan program pemulihan ekonomi nasional,” katanya.
Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memastikan, telah memberikan pinjaman kepada dua daerah yang terdampak virus corona (COVID-19) cukup dalam yakni Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat. Kedua daerah tersebut mengajukan usulan pinjaman dengan nilai masing-masing Rp 12,5 triliun untuk DKI Jakarta, dan Rp 4 triliun untuk Jawa Barat.
Sehingga, total pinjaman daerah yang disalurkan kepada dua daerah tersebut sebesar Rp16,5 triliun. “Perjanjian tersebut sebagai bentuk dukungan atas usulan kebutuhan pembiayaan penanganan COVID-19 dan pemulihan kegiatan ekonomi di DKI sebesar Rp 12,5 triliun dan Jawa Barat sebesar Rp 4 triliun,” katanya. jef, sin