Pacu Ekonomi Masyarakat, Desa Karangsari Tanam Ratusan Bibit Jahe Merah

Kepala Desa Karangsari Budiyono

BANYUWANGI (global-news.co.id) — Terobosan Desa Karangsari, Kecamatan Sempu patut diapresiasi dalam meningkatkan ekonomi warga. Warga di 8 dusun saat ini gencar menanam jahe merah yang saat ini merupakan komoditas yang banyak dicari.

Kepala Desa (Kades) Karangsari Budiyono mengatakan, saat ini ia telah mempersiapkan terobosan pembangunan dalam hal pemberdayaan masyarakat melalui agro tani dan agro wisata yang akan dilakukan secara bertahap. Program pemberdayaan peningkatan ekonomi kerakyatan tersebut sudah mulai direalisasikan dengan menanam ratusan bibit jahe merah yang akan didistribusikan ke 8 dusun.

” Bibit jahe merah varietas unggul sudah kita pesan sedikitnya ada sebanyak 800-an polybag dan akan kita bagi di setiap dusun sebanyak kurang lebih 100 polybag. Selain sangat besar manfaatnya, jahe merah memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi dan semoga terobosan ini bisa meningkatkan ekonomi warga masyarakat saya,” ungkapnya, Rabu (1/7/2020).

Di sisi lain, dalam waktu dekat Desa Karangsari akan merintis dan membuka destinasi agro buah ditempatkan pada lahan seluas kurang lebih 2 hektare tepatnya di Dusun Nganjukan dengan mengandeng DPD Wahana Lingkungan Alam Nusantara (Walantara) Kabupaten Banyuwangi sebagai mitra dan sekaligus sebagai pendamping untuk mewujudkan agro wisata buah. tyo