Minimalkan Paparan COVID-19 ke Nakes, Pertamina Serahkan RAISA ke RSHU

 

Penyerahan RAISA ini dilakukan oleh Unit Manager Communication Relations & CSR MOR V Jatimbalinus Rustam Aji kepada Direktur Utama RSHU dr Didi Dewanto SpOG, Rabu (29/7/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) – Sejak pertama kali pemerintah mengumumkan kasus positif pertama COVID-19 pada 2 Maret 2020, masih terjadi penambahan kasus yang terjadi hingga hari ini yang bahkan sudah menembus 100.000 kasus di seluruh Tanah Air. Bahkan di Jawa Timur, khususnya Surabaya sendiri kasus COVID-19 masih menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia.

Perlunya peran dari semua pihak baik pemerintah, tenaga kesehatan, masyarakat, dan berbagai instansi membuat PT Pertamina (Persero) bergerak untuk kembali membantu para Tenaga Kesehatan (Nakes) yang tengah berjuang untuk meminimalisir dan menekan angka penyebaran COVID-19 pada masyarakat.

Pada hari Rabu (29/7/2020) pagi, Pertamina menyerahkan 1 (satu) unit Robot Medical Assistant ITS-Unair, atau dikenal sebagai RAISA ke Rumah Sakit Husada Utama (RSHU) Surabaya. Penyerahan RAISA ini dilakukan oleh Unit Manager Communication Relations & CSR MOR V Jatimbalinus Rustam Aji kepada Direktur Utama RSHU dr Didi Dewanto SpOG.

Rustam menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan sinergi antara Pertamina Group dengan instansi pendidikan, yaitu ITS dan Unair, sebagai perguruan tinggi di Jawa Timur yang mengembangkan robot tersebut. “Bantuan ini merupakan salah satu upaya untuk menanggulangi COVID-19 melalui Program Pertamina Peduli,” ujarnya.

Direktur Utama RSHU dr Didi Dewanto SpOG menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pertamina atas bantuan yang diberikan. Dirinya tidak memungkiri bahwa setiap harinya, semakin banyak nakes yang terpapar COVID-19. “Tenaga kesehatan yang merawat pasien COVID-19 sangat berisiko terpapar virus dari pasien, sehingga penggunaan robot ini dapat meminimalkan interaksi nakes ketika merawat pasien sehingga dapat meminimalisir risiko penularan,” jelasnya.

Di samping itu, Pertamina berharap bantuan yang diserahkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh RSHU. “Dalam kondisi Pandemi ini, kita tentunya berharap sepenuhnya bahwa bangsa ini dapat segera pulih dan dapat meringankan beban nakes dalam melawan COVID-19 yang terjadi di Indonesia,” tambah Rustam.

Pekan sebelumnya, Program Pertamina Peduli juga telah menyerahkan bantuan ke Direktur RSUD Ende dr Aries Dwi L Sppd dan Kepala Puskesmas Rukun Lima dr Risyan K Rasyid di Nusa Tenggara Timur. Dalam kesempatan itu, Pertamina melalui Fuel Terminal Ende menyalurkan 500 pcs Masker N95, 12.500 pcs Handscoon, 5.000 Masker Medis, 15.000 Apron, 5.500 Shoes Cover, dan 30.000 Faceshield ke RSUD Ende dan 5.000 Masker Medis, 30.000 Faceshield dan 12.500 Handscoon ke Puskesmas Rukun Lima. fan, tis