Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Masjid Al Akbar Gelar Apel Kesiapan Idul Adha dan Kurban

Apel kesiapan pelaksanaan Salat Idul Adha 1441 H dan penyembelihan hewan kurban di Masjid Al Akbar, Selasa (28/8/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) – Pengurus Badan Pelaksana Pengelola (BPP) Masjid Al Akbar beserta semua jajaran kemitraan MAS menggelar apel kesiapan pelaksanaan Salat Idul Adha 1441 H dan penyembelihan hewan kurban. “Apel ini untuk memantapkan kesiapan pelaksanaan Salat Idul Adha 1441 H di tengah masa pandemi seperti ini dengan pembatasan,” kata H M Sudjak Ketua BPP MAS H M Sudjak saat menyampaikan sambutan di depan peserta apel, Selasa (28/7/2020).
Pembatasan ini sebagai salah satu bentuk penerapan protokol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah. Masjid Al Akbar melakukan pembatasan dengan  sistem pendaftaran online dan jamaah mendapatkan  ID Card Salat Idul Adha.
Apel Kesiapan Idul Adha yang berlangsung di Taman Asmaul Husna diikuti oleh relawan pengatur shaf, TNI Polri, Juru Sembelih Halal (Juleha) dan tim pelaksana protokol  COVID-19 Masjid Al Akbar.
Sementara itu, terkait pelaksaaan Salat Idul Adha, Humas Masjid Al Akbar  Helmy M Noor menghimbau para jamaah untuk melaksanakan prosedur yang telah ditetapkan masjid.
Misalnya para jamaah memastikan sudah berwudhu dari rumah, membawa sajadah sendiri, pastikan ID Card  sudah dipakai, gunakan masker dari rumah dan siapkan sodakoh ke MAS berupa uang tunai/cashless.
“Persiapan itu sudah dilakukan dari rumah atau sebelum ke masjid untuk melaksanakan Salat Idul Adha dan pastikan tiba di masjid pukul 05.00 – 05.45 ,” tutur Helmy.
Untuk mempermudah akses masuk maka parkir mobil berada di luar area masjid seperti bahu jalan atau kantong-kantor parkir yang sudah diatur oleh Tim Dishub Surabaya dan Dishub Provinsi Jatim. Sedangkan parkir motor berada di dalam masjid dengan lewat pintu utara bagi jamaah perempuan dan lewat pintu timur bagi jamaah laki-laki. “Siapkan uang pas untuk parkir motor agar mempermudah petugas kami,” terangnya.
Bagi jamaah perempuan pintu masuk melalui pintu sisi utara dan timur sedangkan akses jamaah laki-laki masuk melalui pintu gerbang sisi barat dan timur. “Semua jamaah tanpa terkecuali harus mengikuti prosedur pemeriksaan suhu badan, handsanitizer, pembagian kresek untuk membungkus sandal dan melewati bilik disinfektan,” jelas alumni Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang ini.
Untuk mempermudah jamaah,  Helmy menjelaskan untuk jamaah perempuan lantai 1 (ID Card warna Kuning) masuk dalam masjid melalui pintu nomor 1 – 5, pintu nomor 10 – 15 dan 21 – 22. Sedangkan Jamaah laki-laki lantai 1 (ID Card Warna Hijau) masuk dalam masjid melalui pintu nomor 23 – 24, 30 – 35 dan 40 – 45.
Kapasitas lima ribu itu termasuk lantai dua. Bagi jamaah yang mendapatkan ID Card warna merah maka harus masuk ke area shalat melalui tangga manual Gedung Al Marwah dekat air mancur. Hal yang sama juga berlaku bagi Jamaah Pria yang mendapatkan ID Card Warna Biru, maka shalatnya berada di lantai dua masuk melalui tangga manual Gedung As Shofa dekat air mancur.
“Untuk menjaga physical distancing, gunakan tempat salat (Lantai 1 dan 2) yang ada Sticker Shaf yang tertempel di lantai, untuk memberikan pelayanan terbaik Masjid Al Akbar menyiapkan menyiapkan 190 LO/Relawan yang tersebar di area luar dan dalam masjid,” terangnya.
Helmy juga mengatakan salat dan Khutbah Idul Adha dimulai pukul 06.00. “Salat dan khutbah mengikuti juga mengikuti prokol kesehatan, imam dan khotib juga menggunakan masker, khutbah akan berlangsung maksimal 15 menit,” ungkapnya.
Untuk menghindari kemacetan dan kerumunan,  jamaah diminta meninggalkan masjid secara bertahap. “Mohon seluruh jamaah bisa menjaga diri dan  tetap mengumandangkan takbir. Selain mengagungkan nama Allah juga untuk menahan emosi selama menanti antrean kepulangan,” pesan Helmy. tis

baca juga :

Hingga Januari 2021, Jepang Larang Masuk Warga Asing setelah Varian Baru Covid-19 Tiba

Redaksi Global News

Liga 1: Disiplin Jadi Kunci Kemenangan Madura United

Redaksi Global News

Penampilan ke-100 SNC-10 Bersama Madura United

Redaksi Global News