KPU Kota Blitar Siapkan TPS Keliling di Tengah Pandemi COVID-19

KPU Kota Blitar akan menyiapkan TPS keliling dalam pelaksanaan Pilkada di masa pandemi.COVID-19. 

BLITAR (global-news.co.id) —Terobosan dan inovasi dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar dalam penyelenggaraan Pilkada Kota Blitar 2020. Di antaranya, KPU bakal menyediakan TPS keliling dalam pelaksanaan Pilkada di masa pandemi COVID-19.
Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Perencanaan Data dan Informasi Ninik Solikhah menyampaikan, pada Pilkada 2020 pihaknya tidak akan menyediakan TPS khusus yang biasanya disiapkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Sakit. Sebagai gantinya, KPU akan menyediakan layanan TPS keliling.
“TPS khusus tidak disediakan karena jumlah lapas di Kota Blitar tidak banyak. Apabila kami mengajukan ke KPU Provinsi sudah pasti tidak akan disetujui. Untuk mengakomodir pemilih di rumah sakit dan lapas, kami akan sediakan TPS keliling,” ucapnya, Jumat (24/7/2020).
Teknisnya, lanjut Ninik, pemilih di rumah sakit dan lapas akan diakomodir oleh TPS yang lokasinya berdekatan.
Disinggung soal jumlah TPS di Pilkada Kota Blitar, Ninik menyampaikan, bahwa hingga saat ini belum ada penambahan.
Pihaknya masih menunggu hasil coklit atau tahapan pemutakhiran data pemilih. KPU dipastikan bakal menambah TPS  baru bila terdapat TPS yang jumlah pemilihnya di atas 500 orang.
Diketahui ada beberapa aturan yang diterapkan KPU terkait TPS di masa pandemi COVID-19, yakni jumlah pemilih di TPS tidak boleh di atas 500 orang. tut