Global-News.co.id
Indeks Pendidikan Utama

ITS Gratiskan Rapid Test bagi Peserta UTBK Pemegang KIP-Kuliah Jatim

Antrean para peserta UTBK yang akan melaksanakan rapid test gratis di ITS.

SURABAYA (global-news.co.id) —
Surat Edaran Walikota Surabaya yang mewajibkan para peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) menunjukkan hasil rapid test direaksi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Selaku pusat UTBK, ITS siap memberikan layanan rapid test COVID-19 secara gratis bagi pemegang Kartu Indonesia Pintar – Kuliah (KIP-Kuliah).
Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT membenarkan bahwa ITS memberikan layanan rapid test secara gratis bagi pemegang KIP-Kuliah. Bantuan ini diperuntukkan bagi peserta UTBK yang mengikuti program KIP-Kuliah dan berdomisili di Jawa Timur, selain Surabaya.
Lebih lanjut, Adi mengatakan bahwa bantuan ini didasari atas banyaknya peserta yang tidak mampu atau peserta program Bidikmisi/KIP-Kuliah yang tidak mempunyai biaya untuk melakukan rapid test COVID-19. Sehingga ITS melakukan kerjasama dengan Pemprov Jatim untuk memberikan rapid test secara gratis bagi mereka. “Alhamdulillah ternyata Pemprov Jatim bersedia bekerjasama dengan ITS, sehingga terselenggaralah layanan rapid test secara gratis tersebut,” ungkapnya, Minggu (5/7/2020).
Guru Besar Teknik Elektro tersebut menjelaskan, ITS juga bekerjasama dengan dokter dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dalam melakukan rapid test secara gratis ini. Nantinya, kegiatan ini akan dilaksanakan di Gedung KPA Plasa dr Angka ITS selama empat hari. Untuk layanan gratis ini diutamakan untuk para peserta UTBK khusus wilayah Jatim, kecuali Surabaya, yang mengikuti gelombang pertama. “Sebab yang paling mendesak adalah mereka yang mengikuti UTBK gelombang pertama ini,” tegasnya.
Untuk jadwal rapid test secara gratis ini sudah dimulai sejak Sabtu, 4 Juli 2020 pada pukul 14.00-17.00. Kegiatan dilanjutkan pada pada 5 – 7 Juli 2020 pukul 09.00-12.00. “Disarankan peserta UTBK melakukan rapid test satu hari sebelum pelaksanaan UTBK,” imbuhnya.
Bagi peserta UTBK Jawa Timur yang ingin mengikuti rapid test gratis di ITS ini harus membawa sejumlah berkas. Antara lain Kartu Peserta UTBK, KTP domisili Jawa Timur dan nomor KIP-Kuliah. Berkas ini dibawa sebagai bukti bahwa mereka adalah peserta UTBK yang berdomisili di Jawa Timur dengan pemegang KIP-Kuliah.
Sebelumnya, ITS dan Walikota Surabaya juga memberikan bantuan rapid test secara gratis bagi peserta UTBK khusus wilayah Surabaya dan yang memiliki KIP-Kuliah. Pemkot Surabaya juga sudah bekerjasama dengan 63 puskesmas untuk bisa melakukan rapid test secara gratis. “Sehingga layanan rapid test gratis ini, ditujukan untuk peserta UTBK di Provinsi Jawa Timur yang belum mendapat bantuan seperti di Surabaya,” tandasnya.
Dengan adanya bantuan ini, menurut Adi, para peserta yang mengikuti program KIP-Kuliah di Jawa Timur menjadi tidak kehilangan haknya untuk mengikuti UTBK. Harapannya, dengan adanya bantuan ini anak-anak tersebut bisa memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi Negeri. tis

baca juga :

Indra Kenz hingga Pacar Terancam Dimiskinkan

ITS Terima 11.071 Berkas Pendaftar SNMPTN 2021

Titis Global News

Kehebatan Ling Tien Kung, karena Tanpa Bayar

gas