Cegah Penyebaran COVID-19, Aice Group Rapid Test Ribuan Pekerjanya di Mojokerto

Bupati Mojokerto H Pungkasiadi SH dalam kunjungannya ke pabrik Aice di Mojokerto untuk memantau kegiatan rapid test ribuan karyawan Aice Group.

JAKARTA (global-news.co.id) — Produsen es krim Aice melalui anak perusahaannya PT Aice Ice Cream Jatim Industry melakukan rapid test kepada 1.800 karyawannya. Aktivitas ini merupakan upaya pencegahan yang dilakukan pelaku industri guna mendukung upaya pemerintah dalam menurunkan angka penyebaran virus.

Pelaksanaan rapid test digelar di pabrik Aice yang berlokasi di di Ngoro Industrial Park Mojokerto. Rapid test dijalankan secara bertahap selama lima hari sejak Jumat lalu. Setiap hari dilaksanakan rapid test dan pengecekan kesehatan atas 400 orang karyawan. Kegiatan atas pemeriksaan 1.800 karyawan Aice Mojokerto ini mencakup karyawan tetap maupun oursourcing diperkirakan akan rampung pada Rabu (29/7/2020) yang akan datang.

Brand Manager AICE Group Sylvana Zhong, mengatakan Aice sebelumnya sudah menggelar kegiatan serupa di pabrik mereka di Bekasi. Ada 800 karyawan yang mengikuti rapid test COVID-19 saat itu.

“Ini bentuk komitmen penuh perusahaan dalam menjalankan arahan pemerintah. Sebagai produsen yang telah berpengalaman lebih dari 20 tahun di industri es krim di dunia, Aice Group menilai kombinasi produk berkualitas dan memperkuat imunitas, serta langkah bersama pemerintah dan stakeholder lainnya akan menguatkan tata laksana pandemi menjadi kekuatan perusahaan dalam kondisi pandemi COVID-19  ini,” kata Zylvana seperti rilis yang diterima redaksi, Minggu (26/7/2020).

Menurutnya kegiatan pemeriksaan rapid test dan kampanye masif bersama pemerintah, swasta dan seluruh elemen masyarakat dalam menjalankan protokol pencegahan diyakini menjadi kunci perbaikan pandemi COVID-19.

Pihaknya mengaku senang karena ada arahan dan bimbingan dari pemerintah. Sebagai perusahaan, pihaknya punya tanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

“Kami pro aktif melakukan medical check up dan rapid test kepada seluruh karyawan. Mudah-mudahan ini membantu Pemerintah mengelola pandemi ini,” jelas Sylvana.

Sementara itu Bupati Mojokerto H Pungkasiadi SH yang hadir dalam pelaksanaan rapid test di pabrik Aice memberikan apresiasi atas upaya Aice dalam membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Mojokerto khususnya dan Jatim pada umumnya.

Dia mengaku ikut memantau langsung kegiatan rapid test sembari melakukan tur ke proses produksi di pabrikan es krim berteknologi modern ini.

“Kemarin saya diberitahu bahwa di Aice diadakan rapid test. Saya tertarik datang untuk melihat langsung dan atas nama Pemkab Mojokerto memberikan apresiasi kepada Aice atas terselenggaranya kegiatan rapid test ini, ” ujar Pungkasiadi.

Dalam kunjungannya itu Pungkasiadi memberikan arahan dan bimbingan terkait pencegahan dan penanganan COVID-19 kepada Aice. Menurutnya protokol kesehatan atau protokol COVID-19 harusnya sudah tidak asing lagi dilakukan oleh semua pihak. Karenanya semua pihak harus bersinergi dengan pemerintah baik yang di pusat dan daerah dalam menghadapi pandemi.

“Langkah dan arahan penanganan COVID-19 dari pemerintah, yang sedang dilakukan di pabrik ini, telah dijalankan dengan baik. Kita semua harus melakukan langkah tracing karena mendukung dampak ke proses perbaikan. Dan semakin masif tracing, kesembuhannya juga akan tinggi,” jelasnya lagi.

Pungkasiadi menjelaskan dalam menangani pandemi COVID-19, Pemkab Mojokerto melakukan empat hal. Pertama, seluruh pihak secara bersama dilibatkan mengurusi kesehatan masyarakat Kabupaten Mojokerto. Pabrik-pabrik yang berada di wilayah Mojokerto ini disematkan status sebagai “Industri Tangguh”. Kedua, pemerintah menyiapkan Jaring Pengaman Sosialnya. Yang ketiga, pemerintah melakukan upaya pemulihan ekonomi. Terakhir, menjalankan upaya penataan dan pengelolaan soal keamanan di wilayahnya.

Untuk diketahui Aice, produsen es krim asal Singapura resmi membuka pabrik es krim terbesar di Indonesia berkonsep factory tour senilai 50 juta dolar AS di Mojokerto.

Pabrik yang telah dibuka untuk umum sejak Oktober 2019 tersebut mengusung unsur edukasi dan wisata, sehingga pengunjung bisa mendapatkan wawasan mengenai cara pembuatan es krim, teknologi yang digunakan, hingga edukasi terkait bahan-bahan yang digunakan di seluruh lini produk Aice.

Pabrik es krim Aice di Cikarang dan Mojokerto mampu menggandeng lebih dari 200.000 reseller secara nasional. Sedangkan pabrik es krim milik PT Aice Ice Cream Jatim Industry yang terletak di Ngoro Industrial Park Mojokerto memiliki luasan sekitar 44.125 m2, menjadikannya pabrik es krim terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. tis