BCA Resmi Akuisisi Rabobank

BCA resmi mengakuisisi penuh saham PT Bank Rabobank International Indonesia (Rabobank). 

JAKARTA (global-news.co.id)  – Bank Central Asia Tbk (BCA) resmi mengakuisisi penuh saham PT Bank Rabobank International Indonesia (Rabobank). Hal ini disepakati oleh para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) BCA yang digelar Kamis (30/7/2020).
BCA dan entitas anak PT BCA Finance berencana membeli masing-masing 3.719.069 dan 1 (satu) lembar saham dari para pemegang saham Rabobank yang mewakili 100% dari total saham yang telah ditempatkan dan disetor pada Rabobank.
“Adapun total nilai rencana akuisisi akan mengacu kepada premium yang bersifat tetap sebesar 20,5 juta dolar AS ditambah dengan 1 x adjusted book value pada saat penyelesaian (closing) yang diperkirakan rampung di September 2020,” tulis keterangan tersebut di Jakarta, Kamis (30/7/2020).
Rencana akuisisi Rabobank ini tidak memberikan dampak material pada permodalan Perseroan. Kebutuhan pendanaan untuk rencana akuisisi telah dipersiapkan dari modal sendiSetelah memperoleh persetujuan dari RUPSLB, selanjutnya BCA akan mengajukan permohonan izin-izin terkait rencana akuisisi Rabobank kepada Otoritas Jasa Keuangan. Diperkirakan proses akuisisi akan selesai pada kuartal III 2020.
Sebelumnya, BCA telah meneken perjanjian mengakuisisi saham Rabobank Indonesia dari Grup Rabobank melalui perjanjian bersyarat pada 11 Desember 2019. Perseroan menyiapkan dana Rp 500 miliar untuk mengakuisisi penuh saham Rabobank.
Melalui prospektus yang disampaikan perusahaan mengenai rencana akuisisi saham, BCA selaku entitas induk akan menggenggam kepemilikan 99,99% setara 3.719.069 saham. Sedangkan sisanya akan dimiliki PT BCA Finance, anak usaha perseroan di bidang jasa pembiayaan mobil (multifinance). yan , ndo