Badrut Tamam : Pendidikan Roda Peradaban, Bila Berputar Baik Peradaban Pun Akan Baik

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Bupati Pamekasan Badrut Tamam mengatakan roda pendidikan adalah roda peradaban. Bila roda itu berputar baik, maka peradaban otomatis akan baik. Bila guru-gurunya berkualitas dan bekerja luar biasa, maka anak didiknya pun akan berkualitas dan menjadi luar biasa.
Bupati Badrut Tamam mengungkapkan hal itu saat memberikan sambutan dalam pengukuhan 280 kepala SD dan SMP, di Lapangan Nagara Bhakti Pendopo Ronggosukowati, Kamis (9/7/2020) lalu.
“Tidak mungkin ada hasil luar biasa dari kerja biasa. Untuk mendapatkan hasil luar biasa, wajib berjuang dengan luar biasa. Ini kemudian ditambah dengan doa yang khusyuk,” ujarnya.
Pengukuhan ratusan Kepala Sekolah ini merupakan yang kedua kalinya dimasa kepemimpinan Badrut Tamam bersama wakilnya Raja’e. Dalam mengukuhkan Kamis lalu,  juga hadir Wabup Raja’e, Sekdakab Totok Hartono, Kadis Pendidikan Acmad Zaini dan para pejabat terkiat lainnya dilingkungan Pemkab Pamekasan.
Badrut Tamam mengingatkan para kepala sekolah di Pamekasan tak main-main. Tidak boleh ada tenaga pendidik yang leyeh-leyeh, tidak inovatif, dan cenderung abai terhadap tugas profesinya sebagai penggerak generasi masa depan.
Guru atau tenaga pendidik, kata dia,  tidak boleh menyeleweng dari tugasnya sebagai figure anak didik. Sebab, bila guru menjadi figure yang buruk, akan berimbas kepada generasi di masa depan.
“Pendidikan ini adalah bagian dari prioritas utama. Karenanya, jangan main main dengan pendidikan,” tegasnya.
Dia berharap momentum pengukuhan kepala SD dan SMP tersebut akan menjadi motivasi baru yang positif. Pengukuhan ini, kata dia,  dalam rangka penyegaran agar kerja kerja di wilayah dinas pendidikan bisa maksimal. “Kami berharap ini akan lebih maksimal kedepannya,” tandasnya.
Lebih jauh Badrut Tamam mengungkapkan Kabupaten Pamekasan harus dibangun dengan etos kerja yang prinsipnya adalah sataretanan, kebersamaan, semangat, bersatu padu. Itu dalam rangka mendorong etos dan semangat kerja pemerintahan termasuk di sector pendidikan.
Karena itu dia berharap generasi masa depan sebagai produk kepemimpinan para kepala sekolah harus bisa benar benar mengisi pembangunan. Karena generasi masa depan sebagai penerus pengabdian untuk mengisi pembangunan di kabupaten ini.
Generasi luar biasa atau generasi masa depan hanya bisa lahir dari pendidikan yang luar biasa. Dinas Pendidikan  Pamekasan juga harus bekerja maksimal dengan para kepala sekolah diseluruh jenjang pendidikan. Dia mengajak  para kepala sekolah menjadikan pamekasan sebagai kabupaten yang berdaya saing dengan kabupaten lain yang ada di Indonessia. (mas)