Artika Sari Devi Manfaatkan Barang Bekas untuk Mainan

Artika Sari Dewi dengan Abbey, dan Zoey.

JAKARTA (global-news.co.id) –  Tak ingin buah hatinya terperangkap hanya bermain gadget, Artika Sari Dewi  juga mengenalkan mainan dari barang bekas pada mereka. Itu pula yang membuat Putri Indonesia 2004 ini tak mau sembarangan membuang barang bekas ke tempat sampah.  Dia manfaatkan benda-benda itu untuk dijadikan mainan bagi dua gadis kecilnya, Abbey (10) dan Zoey (7).

“Anak-anak di rumah tercetus untuk membuat sesuatu dari barang yang sudah tak berguna seperti stik es krim,” kata Artika dalam acara virtual #MainYuk Dari Rumah bareng Paddle Pop, Rabu (22/7/2020).

Biasanya istri penyanyi Baim ini memanfaatkan batang es krim bekas untuk dijadikan papan penanda nama bibit tanaman. Di tangan anak-anaknya, stik es krim itu disulap menjadi boneka mini yang dipakai untuk mendongeng.

Artika menunjukkan salah satu boneka dari stik es krim yang telah ditempeli gambar di bagian atasnya. “Abbey bikin ini pas mengajari adiknya agar suka sayuran. Malam-malam sebelum tidur dia pakai untuk bercerita ke adiknya,” ujar Artika.

Kemasan es krim yang penuh warna dan karakter juga dimanfaatkan sebagai inspirasi anaknya untuk menggambar, menciptakan karya baru sebagai ajang berkreasi.

“Saat bermain, apa pun bisa menjadi stimulus kreativitas, termasuk jajanan. Bagi kami, memilih jajanan yang baik tidak hanya rasanya yang mereka suka, tapi juga baik untuk mereka,” lanjutnya.

Menurut Ketua Ikatan Psikologi Klinis, Anna Surti Ariani, memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan mainan memberi berbagai manfaat untuk anak. Selain hemat biaya karena tak perlu membeli, anak juga jadi memahami konsep daur ulang dan mengurangi sampah.  “Dari proses untuk membuatnya jadi mainan juga bisa melatih kemampuan motorik anak,” katanya.nto,ret