Ada Kesempatan, Iis Sugianto Kini Kuliah Lagi

Iis Sugianto

JAKARTA  (global-news.co.id) – Lama tak terdengar kabar beritanya, penyanyi Iis Sugianto muncul dalam kanal Youtube Sule Channel. Lewat konten Ontrog, pelantun Jangan Sakiti Hatinya ini mengaku sedang menjalani kuliah S2.

Kepada Sule yang penasaran alasan Iis kuliah lagi di usia yang hampir 60 tahun, Kuspuji Istiningdyah –begitu nama lengkapnya—berujar, “Kenapa? Why not? Kita ada kesempatan, kemampuan, kita dikasih waktu.”

Bagi penyanyi berdagu belah ini, tidak masalah dirinya memutuskan kuliah lagi saat usianya sudah 58 tahun. Yang terpenting, masih ada semangat untuk belajar. “Biasanya kan kalau umur, sudah males, kalau Teh Iis kenapa?” tanya Sule. “Masih semangat, tapi hati masih harus muda. (Umurnya) kepala lima sekarang,” tutur penyanyi  yang mengawali kariernya lewat acara “Kenalan Baru” di stasiun TVRI pada 1978.

Sejak pandemi Covid-19, Iis yang namanya melambung sejak membawakan lagu-lagu karya Rinto Harahap ini tak lagi bisa tampil menyanyi di depan khalayak. Sebelum ada Covid, lanjutnya, paling tidak sebulan sekali dia membuat baju baru. Itu dilakukan untuk memberikan penampilan terbaik pada  para penontonnya.  “Kan namanya artis harus selalu tampil terbaik. Jadi kalau ada acara bikin (pakaian) lagi, bikin terus makanya harus dikasihin orang,” tutur ibu 3 anak ini saat Sule melilhat gaun-gaun manggung Iis yang  begitu banyak.

Soal modal untuk membuat baju-baju tersebut, Iis  mengaku tak menghitungnya. “Kebutuhan pakaian bagi seorang artis itu kan wajib,” ungkap perempuan kelahiran 17 November 1961  ini.ari