Walikota Blitar Santoso Serahkan 522 Sertifikat Tanah ke Warga

Walikota Blitar Santoso secara simbolis menyerahkan 522 sertifikat tanah kepada masyarakat di sejumlah kelurahan di Kota Blitar, Selasa (23/6/2020).

BLITAR (global-news.co.id) — Walikota Blitar Santoso secara simbolis menyerahkan 522 sertifikat tanah kepada masyarakat di sejumlah kelurahan di Kota Blitar, Selasa (23/6/2020).
Walikota Santoso mengawali kegiatan penyerahan sertifikat tanah melalui program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) ini di kantor Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan. Dia menyerahkan sertifikat tanah kepada 293 penerima sertifikat.
Penyerahan sertifikat tanah itu selain dihadiri masyarakat penerima sertifikat, juga disaksikan Kepala BPN Kota Blitar Budi Joyo, Camat Sananwetan Heru Eko Pramono, hingga Lurah Gedog beserta perangkatnya.
“Bagaimana sertifikat yang merupakan hak kepemilikan itu bisa terwujud, Alhamdulillah hari ini bisa diserahkan sekitar 522 sertifikat yang diserahkan ke kelurahan. Sehingga hak kepemilikan tanah oleh warga itu sudah resmi karena sudah tertuang di dalam sertipikat,” ucapnya kepada awak media seusai acara.
Santoso berharap masyarakat penerima sertifikat tanah ini bisa memanfaatkan kepemilikan sertifikat dengan baik. Masyarakat yang ingin mencari modal untuk berwirausaha, lanjut dia, bisa memanfaatkan sertifikat tanah itu untuk dijadikan jaminan di lembaga penyedia keuangan.
Kendati begitu, ia mewanti-wanti masyarakat yang mengagunkan sertifikat tanah untuk modal usaha di bank, supaya bisa tertib melakukan angsuran bulanan kepada lembaga penyedia keuangan supaya sertifikat yang diagunkan tidak sampai tersita oleh bank akibat tidak mampu mengangsur tepat waktu.
Santoso menyebut, selama ini akses pengurusan sertifikat tanah oleh masyarakat tidak pernah terjadi segala jenis kendala. Hal itu dibuktikannya, masyarakat sudah bisa dengan mudah mengurus PTSL di kantor BPN Kota Blitar. Durasi proses pembuatan sertifikat tanah juga tidak lama.
“Saya kira tidak ada kendala. Sekarang sudah mudah mengurus sertifikat dan jadinya juga tidak lama,” katanya.
Sebanyak 522 sertifikat tanah yang diserahkan Walikota Santoso di Kecamatan Sananwetan ini tersebar di Kelurahan Gedog, Kelurahan Plosokerep, Jelurahan Sananwetan, Kelurahan Bendogerit, Kelurahan Rembang dan Kelurahan Karangtengah. tut