Untuk Kali Pertama, Unair Akan Lakukan Wisuda Online Besok

Direktur Pendidikan Unair Prof Bambang Sektiari

SURABAYA (global-news.co.id)  – Untuk kali pertama, wisuda Universitas Airlangga (Unair) akan dilaksanakan secara berbeda yaitu dengan metode daring atau online. Hal ini dilakukan karena pandemi COVID-19 belum juga berakhir.
Wisuda daring Unair akan dilaksanakan pada besok Sabtu (27/6/2020). Momen kesakralan dan kegembiraan wisuda yang biasanya berlangsung di Gedung Airlangga Convention Center, dengan metode daring, wisuda akan dilakukan di kediaman mahasiswa masing-masing. Meski dilaksanakan secara daring, berbagai persiapan wisuda wisuda telah dilakukan.
Direktur Pendidikan Unair Prof Bambang Sektiari mengatakan ada beberapa pertimbangan wisuda ini tetap dilakukan meskipun secara daring. Salah satunya adalah agar tidak terjadi hambatan terkait kelulusan dan penggunaan ijasah oleh mahasiswa.
“Kami melakukan berbagai persiapan wisuda online. Kami usahakan tidak menguransi substansi dari wisuda offline, tetap memberikan kesan kesakralan dan marwah. Karena mungkin bagi beberapa mahasiswa wisuda hanya dilakukan sekali seumur hidup,” ujar Bambang Sektiari, Jumat(26/6/2020).
Bambang menambahkan, wisuda daring kali ini ini tidak mengurangi substansi dari acara wisuda, karena prosesi wisuda dilakukan sesuai pakem. “Mulai penyumpahan, janji wisudawan, dan berbagai prosesi pimpinan tetap ada. Mungkin ada beberapa prosesi yang kita kombinasi,” tambah Bambang yang merupakan Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Unair itu.
Pada wisuda periode Juni 2020 ini, Rektor Unair Prof Moh Nasih mewisuda sebanyak 704 mahasiswa. Mereka adalah 12 mahasiswa dari program D3-D4, 483 mahasiswa dari program S1, 190 mahasiswa dari program S2, dan 19 mahasiswa dari program S3. Meskipun dilaksanakan secara daring, pada wisuda nanti Rektor Unair akan melakukan interaksi kepada mahasiswa yang hadir secara daring.
Pada wisuda daring nanti juga ada mahasiswa yang akan mendapatkan penghargaan karena prestasi dan raihan yang telah didapat semasa duduk di bangku perkuliahan. Ada sebanyak 20 mahasiswa mendapat penghargaan sebagai wisudawan terbaik, dan 10 mahasiswa mendapat penghargaan sebagai wisudawan berprestasi.
“Mudah-mudahan ini bisa berjalan lancar, memberikan kesan yang baik dan tidak akan hilang sepanjang hidup. Wisuda online yang baru dilselenggarakan pertama kali di Unair,” terang Bambang.
Sebelum pelaksanaan wisuda online nanti, akan ada live report dari Ketua Pusat Informasi dan Humas Unair Dr Suko Widodo Drs  MSi dan tim. Live report tersebut akan melaporkan keadaan dan suasana detik-detik menjelang wisuda online.
Bagi sivitas yang ingin menyaksikan live report dan pelaksanaan wisuda, dapat mengakses laman YouTube Universitas Airlangga. tri