RSJ Menur Rawat 11 ODGJ Positif COVID-19

Rumah Sakit Jiwa Menur mencatat 11 ODGJ ( Orang Dengan Gangguan Jiwa) tertular virus COVID-19. Mereka kini dalam perawatan rumah sakit milik Pemprov Jawa Timur tersebut.

SURABAYA  (global-news.co.id) –  Rumah Sakit Jiwa Menur mencatat  11 ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) tertular virus COVID-19. Mereka kini dalam perawatan rumah sakit milik Pemprov Jawa Timur tersebut.

Direktur Rumah Sakit Jiwa Menur, dr M. Hafidin Ilham, saat dihubungi Rabu (3/6/2020), menyebutkan ke sebelas ODGJ itu bukan hanya pasien dari Surabaya saja, melainkan juga dari luar kota.  Rinciannya 6 pasien dari Surabaya, sisanya dari Gresik, Tuban, Bangkalan, dan Blitar.

Seperti diketahui, RSJ Menur termasuk  salah satu rumah sakit rujukan COVID-19 yang disediakan Pemprov Jatim.  Selain pasien dengan gangguan kejiwaan, RS Menur juga melayani pasien umum. Khusus untuk COVID-19, rumah sakit ini menyiapkan 112 tempat tidur. Dari jumlah tersebut 17 di antaranya disediakan khusus bagi ODGJ. “Saat ini RS Jiwa Menur menyediakan tempat tidur untuk pasien COVID-19 sebanyak 112. Di antaranya 17 tempat tidur kami siapkan untuk pasien jiwa yang dicurigai COVID-19,” ujarnya kepada wartawan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (2/6/2020).

Dari 17 bed, sejak minggu kemarin sempat terisi 12 pasien ODGJ yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Ke-12 ODGJ tersebut kemudian menjalani tes swab PCR. “Dari 2 kali tes ternyata  yang 5 orang negatif COVID-19 sehingga dipulangkan,” imbuhnya.

Mereka yang yang terkonfirmasi positif COVID-19 saat ini masih dirawat di RSJ Menur. Mereka menjalani perawatan dan isolasi.  eno