Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Pemkot Surabaya Sudah Rapid Test 92.964 Orang

Rapid test yang digelar Pemkot Surabaya bersama beberapa pihak terkait.

SURABAYA (global-news.co.id) – Salah satu formula untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 yang dilakukan oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini adalah terus gencar menggelar rapid test dan tes swab massal. Dia tidak ingin, kasus COVID-19 di Kota Pahlawan ini seperti gunung es, ia pun membuka tabir-tabir itu dengan menggelar rapid test dan tes swab massal gratis.
Semakin banyak melakukan rapid test dan tes swab, maka semakin banyak pula yang diketahui siapa saja yang terkena virus, dan siapa pula yang aman. Dengan cara ini, tentu semakin mudah memutus mata rantai penyebarannya, meskipun terkadang angka positif terlihat naik.
“Tes massal ini penting untuk melacak orang-orang yang terkena COVID-19, sehingga akan lebih gampang memutus mata rantai penyebarannya,” kata Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Jumat (26/6/2020).
Sementara itu, Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya Febria Rachmanita mengatakan rapid test dan tes swab massal terus dilakukan meskipun mobil laboratorium dari BNPB dan BIN sudah meninggalkan Surabaya. Sebab, tes ini akan sangat membantu penanganan COVID-19 di Kota Surabaya.
“Jadi, rapid test dan tes swab massal itu terus kami lanjutkan. Hingga 25 Juni 2020, total rapid test yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dengan beberapa pihak sebanyak 92.964 orang, di mana angka positif rate-nya 9,83 persen,” kata Febria.
Dari data tersebut, yang reaktif sekitar 9.134 orang dan mereka ini dilanjutkan ke tes swab. Namun, data Dinkes hingga 25 Juni 2020, Pemkot Surabaya tercatat sudah melakukan tes swab sebanyak 25.659 orang. “Hasilnya, ada sekitar 7.564 orang positif, memang ada yang asli Surabaya dan ada pula yang luar Surabaya,” katanya.
Febria juga memastikan bahwa terus memaksimalkan laboratorium di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya untuk memeriksa sampel swab. Bahkan, setiap hari lab tersebut bisa memeriksa 300-400 sampel tes swab.
“Ini mungkin  sudah berjalan sekitar dua mingguan, jadi ya sudah lumayan banyak mereka hasilnya,” pungkasnya. pur

baca juga :

575 Kios Pasar Songgolangit Ponorogo Ludes Terbakar

Kalah dari Persikabo, Persela Perpanjang Catatan 21 Laga Tanpa Kemenangan

Redaksi Global News

Rel Porong Terendam, Perjalanan Kereta Terganggu

Redaksi Global News