Pemda Zona Hijau Bakal Dapat Bonus

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartato

JAKARTA (global-news.co.id) – Pemerintah tengah menyusun wilayah mana saja yang akan masuk dalam zona hijau, sebagai indikator dalam membuka sektor perdagangan. Untuk kawasan masuk zona hijau, pemerintah akan memberikan insentif kepada Pemdanya.
Hal ini dilakukan untuk mendorong agar seluruh daerah menerapkan protokol kesehatan sehingga tidak ada gelombang II Corona. Adapun sesuai data BNBP sebanyak 132 daerah berstatus zona hijau.
“Kemarin sudah rapat dengan Gugus Tugas dan Pemerintah Daerah, pemerintah akan memberikan bonus bagi daerah-daerah yang masuk di (zona) kuning atau hijau sehingga ini menjadi insentif agar seluruh protokol ini dilaksanakan dan tidak menimbulkan secondary wave,” Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartato di Jakarta, Rabu (10/6/2020).
Dia meminta agar dunia usaha juga harus menerapkan Standar Operasional Prosedur (sop) untuk meningkatkan protokol kesehatan. Adapun pihaknya bekerjasama dengan TNI dan Polri untuk mencegah adanya gelombang kedua virus corona. “Jaga jarak yang penting dan pakai masker itu yang paling penting,” imbuhnya
Lebih lanjut Airlangga juga mengungkapkan tengah menyiapkan langkah dalam meredam adanya gelombang PHK. Adapun, Kartu Prakerja akan dibuat secara praktis dan mudah. “Jadi kita ada program Kartu Prakerja, nanti masih kita susun pelatihannya untuk meredam pengangguran Indonesia,” tukasnya. ejo