Peluang Kerja Lulusan Manajemen Dakwah Terbuka Lebar

Narasumber seminar nasional secara webinar menjelaskan peluang kerja bagi lulusan MD.

TULUNGAGUNG (global-news.co.id) – Kegundahan mahasiswa Fakultas Dakwah Jurusan Manajemen Dakwan (MD) IAIN Tulungagung tentang peluang kerja bagi lulusan S1 jurusan MD yang baru yang dirintis 2017 silam ini, akhirnya terjawab sudah. Hal ini disampaikan pihak kampus dengan menggelar seminar Webinar melalui aplikasi Talk Fusion Live Meeting, Minggu (28/6/2020).
Dengan mengangkat tema “Prospek Kerja dan Profesi Alumni Manajemen Dakwah” yang diikuti 500 peserta secara nasional ini, seminar diharapkan bisa memberikan gambaran atau wawasan bagi mahasiswa tentang prospek ke depan bagi lulusan Manajemen Dakwah.
“Kita ingin memberikan gambaran pada mahasiswa Manajemen Dakwah, bahwa mereka tidak salah pilih jurusan. Karena banyak gambaran pekerjaan yang cocok untuk jurusan ini dan terbuka lebar,” terang Koordinator Pelaksana Webinar Zulva Ismawati MPd yang mengaku baru pertama kali menggelar seminar webinar nasional.
Sementara itu, Kepala Jurusan Manajemen Dakwah IAIN Tulungagung Dr Ahmad Nurcholis MPd  yang memprakasai seminar webinar ini, mengatakan bahwa lulusan Manajemen Dakwah tidak kalah jika dibandingkan dengan lulusan Manajemen Umum. Bahkan, menurut Nurcholis, lulusan MD memiliki nilai plus dibanding yang lain, karena memiliki background agama.
“Mahasiswa lulusan Manajemen Dakwah mampu bersaing dengan alumni universitas lainnya. Tanpa jurusan Manajemen Dakwah,  PTKIN akan kehilangan jati diri sebagai kontrol dan haluan ideologi karakter bangsa,” tegas Nurcholis saat menjadi pemateri webinar.
Ia menambahkan, jurusan Manajemen Dakwah memberikan ruang yang luas bagi alumninya dalam memperoleh pekerjaan, baik dalam dakwah secara literasi, debat, seni dan lainnya. “Bekerjalah sesuai dengan minat dan bakat karena akan lebih bertahan lama, menyenangkan dan bekerja dengan hati,” pesan Nurcholis.
Selain Nurcholis, kelas webinar pemateri juga diisi oleh Dosen Sekolah Tinggi Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat Nurul Huda, Muhammad Nur Rois MPd. Kegiatan ini juga sebagai upaya IAIN Tulungagung untuk persiapan menghadapi tahun ajaran baru 2020/2021, dengan menerapkan kelas daring selama masa pandemi COVID-19. sir