New Normal, Pelindo III Berlakukan Protokol Kesehatan Ketat di Seluruh Terminal Penumpang

Pelindo III menyiapkan skema baru pelayanan untuk memastikan seluruh kegiatan pelabuhan khususnya terminal penumpang sudah sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

SURABAYA (global-news.co.id) — Menyambut tatanan normal baru atau The New Normal di masa pandemi COVID-19, PT Pelindo III (Persero) telah menyiapkan skema pelayanan di area pelabuhan di bawah wilayah kerjanya. Skema baru ini di terapkan untuk memastikan seluruh kegiatan pelabuhan khususnya terminal penumpang sudah sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam pencegahan penyebaran COVID-19.
Implementasi protokol kesehatan di area pelabuhan penumpang sendiri dimulai dengan menerapkan layanan berbasis teknologi dalam hal pelayanan, seperti penggunaan thermal scanner untuk mendeteksi suhu tubuh calon penumpang, sementara itu penggunaan masker serta penerapan physical distancing juga di berlakukan dengan ketat kepada seluruh calon penumpang dan petugas yang berada di area terminal serta pemasangan automactic flap barrier atay gate penumpang otomatis berbasis QR Code untuk mengurangi tatap muka secara langsung antara petugas dan penumpang.
Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III Putut Sri Muljanto mengatakan, penerapan pola protokol baru di tengah pandemi merupakan upaya Pelindo III untuk tetap bisa menjalankan pelayanannya kepada masyarakat sekaligus upaya mencegah penyebaran COVID-19 sesuai dengan arahan Menteri BUMN. Sementara untuk pemberlakukan syarat berpergian sesuai aturan Kementerian Perhubungan pihaknya akan bekerjasama dengan KKP setempat dan operator kapal untuk validasi syarat tersebut sebelum berpergian.
“Sesuai dengan arahan dari Menteri BUMN, sebagai operator pelabuhan yang juga melayani pergerakan penumpang kami telah menyiapkan berbagai skema pelayanan baru yang mengedepankan protokol kesehatan ketat di tengah pandemi. Hal tersebut untuk memastikan seluruh kegiatan operasional kami khususnya di terminal penumpang bisa kembali berjalan tentunya dengan mengedepankan protokol pencegahan penyebaran COVID-19,” jelas Putut Sri Muljanto, Sabtu (27/6/2020).
Sejalan dengan Pelindo III, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan sejumlah pemangku kebijakan di pelabuhan khususnya Pelindo III sebagai operator dalam pemberlakukan pola New Normal ini.
Koordinator Wilayah Kerja Tanjung Perak KKP kelas I Surabaya dr Diah Wahju Tjahjana mengatakan Pelindo III telah menerapkan protokol kesehatan ketat di area terminalnya sehingga membantu pihak KKP dalam proses pencegahan penyebaran COVID-19.
“Sejauh ini apa yang telah dilakukan Pelindo III sudah cukup baik dalam hal pemberlakuan protokol kesehatannya di area terminal pemumpang mulai dari pengecekan suhu badan hingga penerapan physical distancing, sehingga membantu kami dari KKP dalam hal pencegahan penyebaran COVID-19 di area transportasi umum seperti pelabuhan,” kata  dr Diah Wahju Tjahjana.
Sementara itu tanggapan positif juga disampaikan oleh Andik Setiawan, salah satu penumpang asal Surabaya tujuan Makassar yang berada di terminal penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Menurutnya dengan diterapkannya protokol kesehatan secara ketat di area penumpang dirinya bisa lebih tenang selama berpergian terlebih terminal penumpang merupakan salah satu lokasi berkumpulnya orang dari berbagai wilayah.
“Saya senang sekali ini terminal penumpangnya sudah ketat protokol kesehatan COVID-19 nya, membuat kami lebih tenang ketika akan berpergian karena kita tahu kan kalau kita pakai transportasi umum bareng dengan banyak orang,” ujar Adik.
Pelindo III sendiri merupakan salah satu operator pelabuhan yang mengelola 43 pelabuhan dan terminal domestik dan international di 4 regional wilayah kerjanya yaitu, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali-Nusra dan Kalimantan.
Dalam hal penanganan dan pencegahan COVID-19 di area pelabuhan, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan KKP dan Gugus Tugas COVID-19 dalam hal penerapan protokol COVID-19 di wilayah kerjanya. tis