Menkes Siap Kirim 146 Tenaga Medis ke RSUD dr Soetomo

Istimewa
Menteri Kesehatan Republik Indonesia Letjen TNI (Purn) Terawan Agus Putranto saat berkunjung ke RSUD dr Soetomo, Rabu (24/6/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) — RSUD dr Soetomo akan mendapat bantuan tenaga untuk mengatasi COVID-19 menyusul banyaknya tenaga medis di rumah sakit milik Pemprov Jatim yang terpapar COVID-19. Kementerian Kesehatan RI memastikan akan mengirimkan 146 tenaga medis ke RSU dr Soetomo, terdiri atas 88 perawat dan 58 dokter.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Letjen TNI (Purn) Terawan Agus Putranto berharap, tenaga medis tersebut dapat membantu kerja RSUD dr Soetomo dalam menangani pandemi COVID-19.

“Kami akan segera dorong kebutuhan tenaga medis di RSUD dr Soetomo. Ini untuk membuat Pak Joni selaku Direktur (RSUD dr Soetomo) menjadi lebih ringan,” kata Terawan saat berkunjung ke RSUD dr Soetomo, Rabu (24/6/2020).

Terawan menyebut, seluruh tenaga medis akan dikirim dalam dua gelombang dalam waktu yang tidak lama. “Segera. Ini terus kami dorong,” ujarnya.

Terkait banyaknya tenaga medis yang terpapar COVID-19, Terawan mengaku telah meminta untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat di rumah sakit. “Kami sudah izin protokol-protokolnya, supaya para relawan itu juga tidak menjadi positif, dan mereka juga membantu penanganan di RSUD Dr Soetomo menjadi lebih ringan,” ujarnya.

Direktur RSUD dr Soetomo Joni Wahyudiadi mengakui kekurangan dokter umum dan perawat. Pasalnya penambahan pasien positif COVID-19 di Jatim cukup tinggi, sehingga beban kerja tenaga medis di sana lebih berat.

“Saya mohon bantuan tenaga kesehatan, tentang jumlah dan materinya sedang kami pertimbangkan. Ini penting untuk membantu kami, biar tenaga kami hanya masuk empat jam terus gantian,” katanya.

Diketahui hingga saat ini terdapat 12 dokter yang terinfeksi COVID-19. Mereka para dokter yang tengah mengikuti Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS). ret, tri, ine