Masa Transisi, Masyarakat di Tiga Wilayah Diminta Hormati Protokol Kesehatan

Sahat Tua Simanjuntak

SURABAYA (global-news.co.id) —   Meski PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di tiga wilayah yaitu Surabaya, Sidoarjo dan Gresik sudah dicabut, namun masyarakat diminta untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan

Mengingat ketiga wilayah tersebut masih masuk zona merah. Sementara jika masuk dalam tahap new normal maka harus masuk zona hijau.

Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjutak menegaskan secara pribadi pihaknya mendukung Jatim masuk dalam new normal. Namun demikian untuk melaksanakan new normal tentunya ada indikator yang harus dipenuhi Jatim. Di mana semua wilayah harus memiliki zona hijau.

“Terlepas dari itu semua, saya salut dengan Malang Raya yang telah melaksanakan masa transisi ke new normal. Karena perlahan tapi pasti, masyarakat bersama pemerintah setempat bersama-sama untuk melaksanakan protokol kesehatan. Tak terlalu lama wilayah tersebut sudah masuk zona hijau COVID-19,”lanjut politisi asal Partai Golkar, Rabu (10/6/2020).

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Jatim Anik Maslachah mengatakan jika ketiga wilayah tersebut masuk masa transisi sebelum ke tahap new normal. Karenanya masyarakat tetap harus menaati protokol kesehatan. Di antaranys social distancing dan physical distancing.

“Meski masa transisi, bukan kemudian masyarakat seenaknya sendiri tanpa melaksanakan protokol kesehatan. Tetap mereka harus memakai masker, selalu cuci tangan dan terpenting tetap melaksanakan physical distancing dan social distancing,”tegas politikus dari PKB ini.

Apalagi di tiga wilayah tersebut masuk dalam zona merah tentunya harus berhati-hati, jangan sampai positif bertambah banyak akibat masyarakatnya tidak patuh. cty