Mal DKI Jakarta Buka Besok dengan Jam Operasional Terbatas

Rencananya akan ada 80 mal di Jakarta yang dibuka dengan jam operasional terbatas dari pukul 11.00 hingga 20.00 mulai Senin (15/6/2020).

JAKARTA (global-news.co.id) — Pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta akan dibuka Senin (15/6/2020) besok. Pembukaan mal ini sesuai jadwal PSBB transisi fase I yang diumumkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Dengan pembukaan pusat perbelanjaan ini diharapkan aktivitas ekonomi di wilayah DKI Jakarta secara bertahap akan kembali pulih.
Rencananya akan ada 80 mal di Jakarta yang dibuka dengan jam operasional terbatas dari pukul 11.00  hingga 20.00.
Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan, 80 pengelola mal sepakat pengunjung tetap akan dibatasi.
“Saat ini karyawan yang bisa diserap hanya sekitar 50% karena mal belum beroperasi penuh. Baru start dengan 50% . Sedangkan jam buka saat awal dari jam 11 sampai jam 8 malam. Saat normal dulu kan (pukul) 10 (pagi) ke 10 (malam),” kata Ellen dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu (14/6/2020).
Dia menambahkan pusat perbelanjaan akan menjalankan protokol kesehatan COVID-19, karena keamanan dan kenyamanan pengunjung mal adalah hal utama yang menjadi perhatian. “Mal di DKI Jakarta telah melakukan berbagai persiapan dan langkah-langkah nyata seperti menyediakan wastafel, sabun cuci tangan, hand sanitizer, aturan wajib masker untuk memasuki area mall, pengukuran suhu,” paparnya.
Berkaitan dengan pembukaan kembali mal-mal itu, Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo mengatakan, tidak ada kebijakan diskon yang khusus disiapkan dalam kesempatan tersebut. Dia mengatakan, pemberian diskon menjadi kebijakan masing-masing tenant.
“Kalau diskon itu kan strategi market setiap tenant, kalau pun ada paling tidak besar dan hanya untuk menarik pembeli karena biar ada pemasukan. Jadi memang kita menyerahkan sepenuhnya kepada tenant,” kata Budihardjo.
Dia melanjutkan, saat ini yang bisa dipastikan pihaknya adalah bahwa pusat-pusat perbelanjaan tersebut sudah siap untuk melayani para konsumen.
Hal yang sama diungkapkan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey. Dia mengatakan, beberapa simulasi protokol kesehatan sudah dilakukan antara lain para karyawan dicek suhu tubuh, mencuci tangan sesering mungkin, memastikan kesehatan tubuh, dan memakai alat pelindung diri seperti masker dan sarung tangan.
“Kami mempersiapkan kebersihan dan higienitas pada peralatan toko, peralatan penunjang konsumen seperti troli yang harus disemprot disinfektan,” tegasnya. jef, yan, sin

Mengutip data APPBI, berikut adalah daftar 80 mal yang akan beroperasi besok:

Jakarta Pusat (20 mal): Cikini Gold Center; FX Sudirman; Gajah Mada Plaza; Golden Truly; Grand Indonesia; Harco Pasar Baru; Istana Pasar Baru; ITC Cempaka Mas; ITC Mangga Dua; ITC Roxy Mas; Jakarta Design Center; Mal Mangga Dua; Plaza Atrium; Plaza Glodok; Plaza Indonesia; Plaza Kenari Mas; Plaza Senayan; Senayan City; Teras Benhil; Thamrin City.

Jakarta Barat (10 mal): Central Park Neo Soho; Lindeteves Trade Center – LTC Glodok; Lippo Mall Puri; Mal Ciputra Jakarta; Mal Matahari Puri Daan Mogot; Mal Taman Anggrek; Mal Taman Palem; Puri Indah Mall; PX Pavilion; Seasons City.

Jakarta Utara (14 mal): Baywalk Mall; Emporium Pluit Mall; Koja Trade Mall;
La Piazza; Mahaka Square; Mal Artha Gading; Mall of Indonesia; Mangga Dua Square; PIK Avenue; Pluit Junction; Pluit Village; Summarecon Mal Kelapa Gading; Sunter Mall; WTC Mangga Dua.

Jakarta Timur (11 mal): AEON Mall Jakarta Garden City; Arion Mall; Buaran Plaza; Cibubur Junction; Lippo Plaza Kramat Jati; Mal Cijantung; Mall @ Bassura; Mall Cipinang Indah; Pulogadung Trade Center; Pusat Grosir; Cililitan; Tamini Square.

Jakarta Selatan (25 mal): Blok M Square; Cilandak Town Square; Ciputra World Jakarta/Lotte Shopping Avenue; De Entrance; Epiwalk Rasuna Epicentrum; Gandaria City; Grand ITC Permata Hijau; ITC Fatmawati; ITC Kuningan; Kalibata City Square; Kota Kasablanka; Kuningan City; Lippo Mall Kemang; Mal Ambasador; Mal Blok M; Pacific Place; Pejaten Village; Plaza Blok M; Plaza Festival; Plaza Kalibata; Plaza Mebel; Plaza Semanggi; Poins Square; Pondok Indah Mall; Transmart Cilandak.