Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Hari Lahir Pancasila, Momentum Perkuat Solidaritas dan Gotong Royong

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa didampingi Wagub Jatim dan Kepala OPD Jatim mengikuti upacara virtual peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 bersama Presiden RI Joko Widodo di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (1/6/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan Hari Lahir Pancasila ke-75 pada 1 Juni 2020 hendaknya menjadi
momentum untuk membangkitkan kembali semangat persatuan, kesatuan, solidaritas dan gotong royong di saat pandemi COVID-19.
“Dalam situasi darurat seperti ini tidak boleh egois, hanya memikirkan diri sendiri
dan kepentingan pribadi dan kelompok. Kita semua bersaudara, kita semua juga mau situasi darurat ini segera usai,” ungkap Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya usai mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual, Senin (1/6/2020).
Menurut Khofifah, pandemi ini menguji solidaritas semua anak bangsa. Jika tetap
mengedepankan ego pribadi, maka dapat dipastikan pandemi ini sulit berakhir lantaran kurva pasien positif COVID-19 masih terus merangkak naik.
Khofifah mengungkapkan, seluruh rakyat Indonesia, bahkan dunia tidak terkecuali merasakan dampak dari adanya pandemi ini.
Maka dari itu, Khofifah meminta pihak-pihak yang mampu untuk turut membantu
sesama masyarakat yang membutuhkan bantuan. Solidaritas harus diutamakan tanpa melihat pembatasan ras, budaya, daerah, suku dan agama.
“Corona tidak pilah-pilih akan menjangkiti siapa. Artinya siapapun bisa terinfeksi
corona. Ayo saling bahu membahu mengatasi persoalan ini. Beberapa kali sudah pernah saya sampaikan, pemerintah tidak bisa bekerja sendirian,. Kita harus kerja keras bergotong royong,” tuturnya.
Lebih lanjut Khofifah menegaskan, semangat gotong royong adalah intisari dari Pancasila. Semangat kebersamaan dan solidaritas sosial khas Indonesia ini adalah bagian dari ruh Indonesia sebagai bangsa. “Tunjukkan kepada dunia, bahwa dengan gotong royong, Indonesia bisa
melewati krisis ini dengan mudah,” pungkasnya. fan

baca juga :

BAP DPD RI Kawal Sengketa Tanah Dinas Perikanan Jatim dan Warga Tambakasri

gas

Kapolresta Sidoarjo Pimpin Apel Siaga PAM Natal 2022

Redaksi Global News

Pemkot Surabaya Salurkan Bantuan Beras Tahap II ke Penerima Manfaat

Redaksi Global News