Gempa Pacitan 5 SR, Waspada Gempa Susulan

Gempa bumi berkekuatan 5,0 Skala Richter dilaporkan mengguncang Pacitan, Senin (22/6/2020) dini hari sekitar pukul 02.33.

PACITAN (global-news.co.id) — Gempa bumi berkekuatan 5,0 Skala Richter dilaporkan mengguncang Pacitan, Senin (22/6/2020) dini hari sekitar pukul 02.33. Namun gempa tersebut yang juga dirasakan kuat di Gunungkidul DIY tidak berpotensi adanya tsunami.
Walau dilaporkan belum ada kerusakan maupun korban akibat gempa tersebut,  namun BMKG mengimbau masyarakat agar berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.
Informasi dari Badan Meterorologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa dengan kekuatan 5 SR ini terjadi pada pukul 02.33.08,  pusat gempa berada pada 9.11 LS, 110.85 BT atau 107 km barat daya Pacitan dengan kedalaman 63 Km.  Gempa dirasakan di Kota Yogyakarta, Bantul, Maguwoharjo-Sleman, Wonogiri III MMI, Nganjuk, Trenggalek, Purworejo, Ponorogo, Banjarnegara, Purwokerto II MMI. BMKG memastikan gempa ini tidak menimbulkan tsunami. Namun demikian warga diminta untuk waspada terjadinya gempa susulan.
Gempa inipun terasa sangat kuat di Gunungkidul sehingga membuat warga berhamburan keluar rumah.
Di Kapanewon Playen, Gunungkidul, warga langsung berlarian keluar rumah. Suara kentongan juga dibunyikan warga sebagai tanda warga untuk waspada.
“Getarannya sangat kuat, saya ajak anak istri keluar rumah,” ucap Hartoyo, salah satu warga Dukuh Tumpak, Kalurahan Ngawu, Playen, Senin (22/6/2020). Dijelaskannya saat gempa, dia bersama anak istriya sudah tidur nyenyak. “Bangun karena dengar bunyi kentongan dan terasa  barang-barang bergoyang, jadi teringat gempa 2006 lalu,” imbuhnya.yan, ndo, ins