DPRD Kota Blitar Kawal Rencana Pelebaran Jalan di Kawasan Alun-alun

Ketua Komisi III DPRD Kota Blitar Totok Sugiarto

BLITAR (global-news.co.id) — Sidak infrastruktur terus dilakukan DPRD Kota  Blitar. Terakhir, sidak difokuskan pada kesiapan beberapa proyek fisik Pemkot Blitar terkait pelebaran jalan di beberapa titik.
Ketua Komisi III DPRD Kota Blitar Totok Sugiarto menjelaskan sidak ini dilakukan untuk melihat kesiapan dan persiapan OPD dalam menjalankan proyek fisik pada tahun 2020. Di antaranya pelebaran Jalan Sumba, Jalan Maluku, serta jalan sekitar Alun-alun Kota Blitar yang direncanakan menyasar hingga pelebaran jogging track.
“Pelebaran jalan ini mutlak diperlukan untuk mengurai kemacetan. Khususnya di Jalan Merapi depan Pendopo Ronggo Hadi Negoro Kabupaten Blitar. Pelebaran ini juga untuk mewujudkan pusat perdagangan dan pariwisata yang ramah lingkungan sesuai dengan RPJMD Kota Blitar,” ungkap Totok Sugiarto, Kamis (25/6/2020).
Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menambahkan, pelebaran Jalan Merapi akan menjadi rencana besar Kota Blitar di tahun 2020-2021.”Kita akan kawal rencana ini. Minimal dokumen perencanaan clear di P-APBD 2020,” tegasnya.
Terkait relokasi PKL di Alun-alun Kota Blitar, dewan telah menggali informasi dan direncanakan mereka akan menempati kios di Stadion Supriyadi paling lambat awal tahun 2021. Diperkirakan ada sekitar 37 hingga 40 PKL yang akan direlokasi. Dengan jumlah kios yang siap ditempati berjumlah 49 tempat.
“Kita mendorong OPD terkait segera merekolasi para PKL. Pekan depan OPD akan kami panggil untuk membahas ini. Relokasi harus cepat dilakukan. Karena tidak ada aturan yang memperbolehkan pedagangan itu menetap di Alun-alun Kota Blitar,” paparnya.
Totok juga menyampaikan, sesuai dengan jadwal dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, master plan pembangunan di Alun-alun Kota Blitar sudah dibuat. Begitu juga dengan master plan kecil, mulai dari detail engineering design (DED) hingga studi kelayakan sudah dibuat oleh Dinas Perhubungan.
“Kami dari legislatif menargetkan perencanaan fisik pelebaran Jalan Merapi selesai pada P-APBD 2020, dan mulai direalisasikan di awal 2021,” pungkasnya. tut