54 UKM Binaan Terdampak COVID-19 Dapat Bantuan Relaksasi Pinjaman Rp 3,8 Miliar dari Pelindo III

Salah satu UKM binaan Pelindo III yang dapat bantuan relaksasi pinjaman.

SURABAYA (global-news.co.id) — Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia beberapa bulan terakhir membuat sektor perekonomian terpukul, tak terkecuali sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan UKM.
Prihatin terhadap hal tersebut, Pelindo III tergerak untuk membantu para pengusaha yang terdampak tersebut.
Terbaru perusahaan jasa operator pelabuhan milik pemerintah tersebut memberi bantuan berupa relaksasi pinjaman kepada 54 UKM binaan dengan nilai pinjaman mencapai lebih dari Rp 3,8 miliar.
Bentuk bantuan relaksasi tersebut pun dibagi menjadi dua jenis, yakni relaksasi penundaan pembayaran dan restrukturisasi pinjaman. Hal ini sejalan dengan arahan pemerintah untuk membantu perekonomian masyarakat terutama pengusaha mikro yang terdampak langsung oleh pandemi COVID-19 melalui keringanan pinjaman.
Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Edi Priyanto mengatakan, pihaknya sengaja memberi perhatian khusus kepada para pelaku UKM yang terdampak COVID-19 dengan tujuan untuk mendorong pergerakan ekonomi di tengah pandemi. Mengingat UKM terbukti menjadi salah satu penompang berjalannya perekonomian di tengah krisis.
“Dalam hal penanganan COVID-19 kami tidak hanya berfokus pada pencegahan penyebaran COVID-19 saja, namun juga dampak-dampak lain dari pandemi tersebut. Salah satunya adalah sektor perekonomian, oleh karena itu kami secara khusus memberi perhatian pada para pengusaha kecil agar mereka bisa terus menjalankan usaha dengan memberikan relaksasi pinjaman sehingga perekonomian tetap bisa berjalan,” kata Direktur SDM Pelindo III Edi Priyanto, Kamis (25/6/2020).
Sementara itu Nur Rahmaningtyas, salah satu perajin masker non medis asal surabaya yang kebetulan masker buatannya dibeli oleh Pelindo III mengungkapkan kegembiraannya atas perhatian Pelindo III kepada pengusaha kecil khususnya seperti dirinya. Menurutnya dengan adanya bantuan relaksasi pinjaman dampak dari COVID-19 oleh Pelindo III, dia bisa kembali menyambung nafas usahanya dengan memutar modal usahanya untuk biaya produksi.
“Kami bersyukur Pelindo III memberikan perhatian pada kami dengan memberi bantuan berupa keringanan pinjaman selama pandemi. Tentunya hal ini sangat membantu usaha kami yang sangat terdampak pandemi, terlebih bantuan tersebut bisa kami gunakan untuk membayar gaji para ibu rumah tangga yang turut serta bekerja menjadi perajin masker di tempat kami,”ungkap Nur Rahmaningtyas.
Saat ini sedikitnya terdapat 2.446 UKM mitra binaan dengan berbagai kegiatan yang berbeda mendapatkan bantuan dari Pelindo III. Tak hanya dalam hal pinjaman modal dengan bunga ringan pada para mitra binaan, Pelindo III juga turut membantu dalam hal promosi hingga penyerapan produk mereka.
Rencananya Pelindo III juga akan memberikan pelatihan secara khusus kepada para mitra binaan hingga bantuan pengurusan izin usaha kepada para mitra agar tetap bisa bertahan di tengah terjangan pandemi COVID-19. tis