Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

168 Pesantren Terima Bantuan Alat Penegakan Protokol Kesehatan dari Pemprov Jatim

Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bantuan perangkat alat penegakan protokol kesehatan anti COVID-19 kepada salah satu pondok pesantren di Jatim.

SURABAYA (global-news.co.id)- Pemprov Jatim melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim secara bertahap  terus mendukung  bantuan perangkat alat penegakan protokol kesehatan anti COVID-19 kepada pondok pesantren se-Jatim.
Bantuan itu disalurkan untuk mengantisipasi terjadinya penularan COVID-19 di lingkungan pondok pesantren, jelang kembalinya para santri untuk kegiatan belajar mengajar di pondok pesantren  era new normal.
Dengan bantuan tersebut, diharapkan para pengasuh dan para santri bisa menerapkan pendisiplinan protokol kesehatan di lingkungannya, sehingga setiap ponpes bisa   menjadi Pesantren Tangguh.
Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim, total sudah ada 168 pondok pesantren yang mendapat bantuan alat kesehatan  anti COVID-19.
Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa dalam inisiasi kampung tangguh ada ampuan dari TNI dan juga Polri. Yang harapannya ketangguhan yang dibangun bisa sustain atau berkelanjutan bahkan setelah masa pandemi COVID-19.
“Pesantren tangguh kita bangun untuk menjadi pesantren yang bersih, pesantren yang sehat, dan pesantren yang TOPP atau tanaman obat pondok pesantren,” kata Gubernur Khofifah, Minggu (21/6/2020).
Bantuan perangkat alat penegakan protokol kesehatan yang diserahkan oleh Pemprov Jatim ke pesantren tepatnya berupa, masker kain, sprayer elektrik (alat penyemprot disinfektan), baju hazmat (alat pelindung diri), thermal gun (alat pengukur suhu badan), hand sanitizer, lysol, kacamata google, face shield, sepatu boot, tempat cuci tangan, dan sarung tangan latex. Tidak itu saja, semua pondok juga diberi vitamin C, paket sembako dan dompet kesehatan COVID-19.
Khusus terkait protokol kesehatan yang harus diterapkan di lingkungan pondok pesantren, Gubernur Jatim juga telah mengeluarkan Surat Edaran nomor 188/3344/101.1/2020 tentang Pelaksanaan Kembalinya Santri ke Pondok Pesantren dalam Masa Darurat COVID-19 di Jatim.
Dalam surat tertanggal 29 Mei 2020 itu, gubernur telah menetapkan protokol kesehatan untuk santri yang akan kembali ke pondok, mulai protokol dari rumah hingga protokol saat beraktivitas di lingkungan pesantren.
Dalam suratnya gubernur juga menegaskan, proses kembalinya santri ke pondok pesantren harus dilakukan secara hati-hati dengan menjadikan kaidah keselamatan jiwa dan raga (hifdzun nafs) sebagai prinsip utama dalam penerapan protokol kesehatan  COVID-19.
“Kaidah hifdzun nafs (Menjaga keselamatan jiwa dan raga) ini harus lebih diutamakan dibanding pertimbangan lainnya,” pesan Gubernur Khofifah.
Sementara itu Kalaksa BPBD Jatim yang juga Gugus Tugas Promotif Preventif Penanganan COVID-19 Jatim Suban Wahyudiono mengatakan sebanyak 168 pesantren yang sudah mendapat bantuan terinci atas Pondok Pesantren Tangguh Lirboyo Kediri, Ponpes Al-Falah Ploso, Ponpes Tebuireng Jombang, Ponpes Tambak Beras Jombang, Ponpes Gersempal Sampang, dan Ponpes Al-Hikam Malang. Kemudian sebanyak 10 pesantren di kabupaten Lamongan di antaranya, Ponpes Al-Ma’ruf, Ponpes Matholiul Anwar, Ponpes Al-Mu’awanah, Ponpes Darul Fiqih, Ponpes Miftahul Qulub, Ponpes Tanwirul Qulub dan Ponpes Tanwirul Ghoyyi juga sudah didistribusikan bantuan serupa. Begitu juga 108 pondok di Malang Raya dan 45 pondok di Kabupaten Probolinggo.
“Jumlah bantuan masing-masing item disesuaikan dengan jumlah santri di setiap pondok,” terang Suban.
Sementara, berdasar data Kanwil Kemenag Jatim, jumlah ponpes di Jatim saat ini sebanyak 4.718. Sedang jumlah santrinya sebanyak 928.363 orang.
Dari jumlah tersebut, santri yang bermukim sebanyak 634.550 orang dan santri yang tidak bermukim sebanyak 293.813 orang. Adapun jumlah pengasuh pondok pesantren di Jatim sebanyak 52.759 orang. fan, tis

baca juga :

Atasi Putus Sekolah di Surabaya, Pimpinan DPRD Sebut Harus dari Hulu ke Hilir

Persik Berangkat Lebih Awal ke Bali demi Matangkan Persiapan

Redaksi Global News

Tukul Arwana Dikabarkan Meninggal, Asisten Sebut Hoaks

Redaksi Global News