15 Provinsi Laporkan Nihil Kasus Corona

Ilustrasi tes swab. Data Gugus Tugas mencatat setidaknya ada 15 provinsi yang tersebar di berbagai wilayah yang tidak mencatatkan kasus positif COVID-19 hari ini.

JAKARTA (global-news.co.id) – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 kembali melaporkan perkembangan kasus COVID-19 di berbagai wilayah Indonesia. Salah satu kabar baik berkaitan dengan laporan konfirmasi positif.
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto melaporkan bahwa setidaknya ada 15 provinsi yang tersebar di berbagai wilayah yang tidak mencatatkan kasus positif COVID-19 hari ini.
“Hari ini di 15 provinsi tidak ada laporan kasus positif,” kata Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB melalui video conference, Senin (1/6/2020).
Daerah yang tidak memiliki penambahan kasus positif corona pada 1 Juni yakni Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi,  Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara,  Sulawesi Tengah, Riau, Maluku, Papua Barat, Sulawesi Barat dan Gorontalo.
Yurianto tak memungkiri bahwa di tengah rencana menerapkan era new normal memang masih tergambar dengan jelas proses penularan terjadi di beberapa tempat. Bahkan, bukan hanya satu atau dua wilayah.
Catatan pemerintah, pada hari ini ada kenaikan angka kasus COVID-19 yang masih tinggi. Mulai dari di DKI Jakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, dan di wilayah Kalimantan Selatan.
“Ini yang harus kita pahami. Kita mengubah perilaku bertujuan tidak terjadi penularan agar kita bisa mencegahnya,” ujarnya.
Maka dari itu, Yurianto mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Mulai dari mencuci tangan, menggunakan masker, sampai dengan menjaga jarak satu sama lain.
“Apakah keluar rumah jadi sesuatu yang penting? Kalau gak penting, bisa menahan diri. Kalau penting kita harus menggunakan masker, hindari kerumunan,” katanya.
Berdasarkan data Gugus Tugas hingga Senin (1/6/2020) pukul 12.00, kasus konfirmasi positif COVID-19 sebanyak 26.940 kasus atau bertambah 467 dibandingkan sehari sebelumnya.
Sedangkan jumlah kasus sembuh mencapai 7.637 atau bertambah 329 dibandingkan sehari sebelumnya. Sementara yang meninggal bertambah 28 menjadi 1.641 orang. wah, cnb