Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

THR Pensiunan dan Penerima Tunjangan Cair Serentak Besok

Tunjangan Hari Raya (THR) Tahun 2020 akan dilakukan serentak paling lambat Jumat (15/5/ 2020).

JAKARTA (global-news.co.id) – Kabar terbaru bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan anggota TNI/Polri, sebagaimana diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani bahwa Tunjangan Hari Raya (THR) Tahun 2020 akan dilakukan serentak paling lambat Jumat (15/5/ 2020).
Hal ini merujuk Peraturan Menteri Keuangan RI nomor 49/PMK.05/2020 tanggal 11 Mei 2020 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit TNI, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara serta Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2020.
Selaras dengan itu, pembayaran THR kepada Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan oleh PT Taspen (Persero) dilaksanakan dengan pemberian sebesar penghasilan Maret 2020 dan tidak dikenakan potongan iuran dan/atau potongan lain kecuali potongan pajak penghasilan sesuai ketentuan perundang-undangan dan ditanggung pemerintah.
Lebih lanjut, SVP Sekretariat Perusahaan Taspen M Ali Mansur menyampaikan bahwa komponen penghasilan THR tahun 2020 bagi para Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan/atau tunjangan tambahan penghasilan tanpa tunjangan beras dan hanya dikenakan potongan pajak.
“Bagi Penerima Pensiun atau Penerima Tunjangan yang menerima lebih dari satu penghasilan yang sama-sama bersumber dari APBN, hanya diberikan salah satu yang lebih menguntungkan,” ujar Ali di Jakarta, Kamis (14/5/2020).
Dia menambahkan, kepada kantor bayar diminta untuk tetap memperhatikan protokol pelayanan pencegahan penyebaran COVID-19 serta mengimbau Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan untuk berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan PT Taspen.
Untuk informasi lebih jelas terkait pembayaran THR tahun 2020, Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan dapat menghubungi kantor Taspen terdekat atau call center 1 500 919. Adapun Pembayaran THR tahun 2020 diberikan kepada penerima berikut ini:
1. Pensiun Pegawai Negeri Sipil, terdiri dari Pensiun Pegawai Negeri Sipil Pusat/Daerah, Pensiun Pegawai Negeri Sipil eks Pegadaian, PNS eks Departemen Perhubungan pada PT Kereta Api Indonesia (Persero).

2. Penerima Pensiun Pejabat Negara

3. Penerima Pensiun Hakim

4. Penerima Pensiun TNI/POLRI

5. Penerima Pensiun Janda/Duda/Yatim-Piatu dari Penerima Pensiun sebagaimana dimaksud pada angka 1, angka 2, angka 3 dan angka 4

6. Penerima Pensiun Orangtua dari Pegawai Negeri Sipil yang Tewas

7. Penerima Tunjangan Veteran

8. Penerima Tunjangan PKRI

9. Penerima Tunjangan KNIP

10. Penerima Tunjangan KNIL

11. Penerima Tunjangan Janda/Duda dari Penerima Tunjangan sebagaimana dimaksud pada angka 7, angka 8, angka 9 dan angka 10. ejo

baca juga :

Positif COVID-19 di Banyuwangi 83 Orang, Sembuh 53

Redaksi Global News

Pedagang ‘MinyaKita’ Harus Daftar melalui Aplikasi ‘Simirah’

Redaksi Global News

Liga 1: Aji Ulas Lini Depan Persebaya Jelang Lawan Barito