Siap Maju Cawawali Blitar, Tjutjuk Tunggu Rekomendasi PDIP

Tjutjuk Sunario

SURABAYA (global-news.co.id) —  Lama tak terdengar kiprahnya, mantan Wakil Ketua DPRD Jatim Tjutjuk Sunario dikabarkan akan maju dalam Pilwali Blitar 2020. Kabarnya, ayah dari anggota DPRD Jatim ini, Aufa Zahfiri akan maju lewat PDIP, meski PPP positif juga mengusungnya.

Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi mengungkapkan saat ini DPD menunggu surat resmi dari DPP PDIP terkait pencalonan Plt Walikota Blitar Santoso sebagai Cawali Blitar berpasangan dengan Tjutjuk Sunario. Kabarnya Tjutjuk yang saat ini adalah Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jatim ini bersaing dengan putera pertama mantan Walikota Blitar Samanhudi Anwar, yakni Henry Pradipta Anwar yang juga didukung sejumlah partai.

“Iya, memang kami masih menunggu rekomendasi dari DPP, siapa yang akan direkomendasi untuk Pilwali Blitar nanti. Untuk kapannya saya juga tidak tahu, apalagi kabarnya ada penundaan pilkada se- Indonesia akibat wabah corona, “tegas Kusnadi yang juga Ketua DPRD Jatim ini, Selasa (5/5/2020).

Sementara itu untuk Pilwali Blitar, DPP Gerindra mengusung Tjutjuk Sunario, untuk Pilbup Sidoarjo mengusung Bambang Haryo. Namun hingga kini mantan anggota Komisi V DPR RI kesulitan untuk mencari pasangan.

“Memang yang saya dengar Ketua Umum Gerindra Pak Prabowo memberikan rekom ke Pak Bambang Haryo, tapi siapa pasangannya saya masih belum tahu. Sabar saat ini kan lagi corona,  mereka lagi konsentrasi penyelesaian corona ke masyarakat,”tegas Sekretaris DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad.

Untuk diketahui hasil penghitungan suara Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 lalu PDIP merajai perolehan jumlah kursi di DPRD Kota Blitar.

Pada Pileg 2019 ini, PDI Perjuangan mendapatkan 10 kursi di DPRD Kota Blitar dengan perolehan suara 31.964 suara.  Selain PDI Perjuangan, ada tujuh partai yang juga lolos mendapatkan kursi di legislatif. Jumlah total kursi di DPRD Kota Blitar sebanyak 25 kursi. Ketujuh partai itu adalah PKB, PPP, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Hanura, dan PKS.

Untuk PKB mendapat 11.994 suara dan berhak atas empat kursi DPRD Kota Blitar. Sedangkan PPP memperoleh 9.178 suara atau sama dengan perolehan tiga kursi. cty