Seniman Banyak Kehilangan Job Manggung karena Pemberlakuan PSBB

Seniman Imron Sadewo yang juga personel Orkes Melayu (OM) Moneta saat hadir di Ormas MKGR Peduli, Jumat (14/5/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) — Pandemi virus corona hingga tiga bulan lamanya membuat semua pihak resah dan ketakutan, karena diiringi dengan  maraknya  PHK dan hilangnya mata pencaharian, tak terkecuali dengan para seniman. Mereka berharap   kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) segera berakhir, karena mereka banyak kehilangan job manggung. Penuturan  ini disampaikan Imron Sadewo yang juga  personel  Orkes Melayu (OM) Moneta saat hadir di  Ormas MKGR Peduli, Jumat (14/5/2020).
“Jujur pemberlakuan PSBB sangat menyisakan kepedihan bagi kami. Di mana kami terancam tidak bisa makan, karena tidak ada job. Kami seniman merasakan dampaknya,” terang Imron Sadewo.
Pria yang sempat tenar saat berduet dengan Evie Tamala itu berharap pagebluk COVID-19 segera berlalu. “Banyak kegiatan manggung yang dibatalkan karena corona,” tegas dia.
Sayangnya, hingga kini belum ada perhatian serius pemerintah terhadap nasib seniman. Bahkan Imron menunjukkan sejumlah pemusik melakukan aksi frontal dengan merusak dan membakar alat musik. “Bagi pemusik atau seniman yang mempunyai keahlian lain akan bertahan hidup. Tapi bagi yang mengandalkan dari bermusik, kami makan apa,” keluh Imron Sadewo menyuarakan keresahan kalangan seniman.
Sementara itu Ketua MKGR Jawa Timur Kodrat Sunyoto menyampaikan dirinya menangkap keresahan seniman tersebut di tengah pandemi corona.  “Kami sudah dekat dengan para seniman. Karena itu dalam bulan puasa ini, MKGR memberikan  perhatian pada mereka, dengan memberikan paket sembako,” terang Kodrat usai memberikan bantuan sosial pada masyarakat terdampak corona.
Kodrat yang juga Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Jatim berharap pandemi corona segera tuntas. Untuk itu, kader dan anggota MKGR Jatim ikut mendukung program pemerintah. “Semua kader dan keluarga besar MKGR ikut menyosialisasikan jaga jarak, cuci tangan, dan memakai masker untuk mencegah penyebaran virus corona,” tegas Kodrat.
Di sisi lain, MKGR juga memberikan bantuan kepada waria. Karena apapun mereka adalah manusia yang harus mendapatkan hak yang sama pula.
“Kami juga memberikan bantuan kepada waria berupa paket sembako di tengah pandemi corona,”tegasnya. cty