Sambut The New Normal, SIG Siapkan Protokol Perlindungan Kesehatan yang Memadai

SURABAYA (global-news.co.id) – Bangsa Indonesia akan menghadapi babak baru Pandemi Virus Corona (Covid-19). Sebuah kondisi yang disebut  ‘The New Normal’.
Untuk itu PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) siap menyambut new normal dan berkomitmen penuh mendukung segala upaya pemerintah dalam menanggulangi dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona tersebut.
Menindaklanjuti Surat Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) No S-336/MBU/05/2020 tanggal 15 Mei 2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal BUMN”, SIG telah menyusun skenario The New Normal di lingkungan SIG dan anak perusahaan.
Direktur Human Capital & Legal SIG, Tina T. Kemala Intan mengungkapkan bahwa SIG akan menjalankan operasional bisnisnya di tengah New Normal dengan dilengkapi protokol perlindungan dan kesehatan memadai yang mengutamakan keselamatan karyawan dan masyarakat.
“SIG secara proaktif telah mengikuti imbauan dan kebijakan pemerintah dalam melindungi pekerja dan masyarakat dari ancaman pandemi sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19 di seluruh area operasional perusahaan,” ujar Tina melalui rilisnya, Rabu (20/5/2020).
Setelah dua bulan menerapkan physical distancing dan work form home (WFH), karyawan dan masyarakat semakin terbiasa dengan adanya kondisi The New Normal.
Melalui pertemuan daring dengan awak media, GM of Corporate Communication SIG Sigit Wahono menambahkan, skenario The New Normal SIG berpedoman pada kebijakan Kementerian BUMN dan panduan pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Kementerian Kesehatan.
Menurut dia, SIG telah membentuk Task Force Penanganan Covid-19 secara terpusat yang melibatkan seluruh unit fungsional serta seluruh anak perusahaan di bawah komando Direktur Human Capital & Legal SIG.
“Skenario The New Normal disesuaikan dengan memperhatikan keunikan dan kebijakan terkait di masing-masing area operasional perusahaan. Skenario ini akan dijalankan setelah hari raya dengan diikuti protokol penanganan Covid-19 yang ketat,” ungkap Sigit.
Sejalan dengan kondisi The New Normal, SIG terus mengenalkan platform digital “Sobat Bangun” yang memberikan kemudahan dalam pembangunan rumah ramah lingkungan.
Sobat Bangun merupakan platform online yang mengintegrasikan berbagai layanan terkait dengan kebutuhan pembangunan, seperti kebutuhan design (arsitek), builder (kontraktor), konstruksi dan pengisian perabotan rumah hingga dukungan finansial. Sobat Bangun membantu calon pemilik rumah untuk membangun rumah lebih baik, lebih mudah dan efisien.
Sigit juga menjelaskan kinerja penjualan SIG sampai April 2020 mengalami pertumbuhan baik dibandingkan dengan kompetitornya. Penjualan semen hingga April 2020 sebanyak 11,75 juta ton terdiri dari penjualan domestik sebanyak 10,29 juta ton dan ekspor 1,46 juta.
Dibandingkan dengan periode yang sama Tahun 2019 lalu, penjualannya sebanyak 11,19 juta ton terdiri dari penjualan domestik 10,03 juta ton. Penjualan ekspor 1,15 juta ton.
“Total ada kenaikan 5,05 persen. Untuk domestik ada kenaikan 2,56 persen. Untuk ekspor ada kenaikan 26,65 persen,” paparnya.
Sedangkan kinerja industri di Tahun 2020, total penjualan 21,39 juta ton terdiri dari domestik 19,42 juta ton dan ekspor 1,97 juta ton. Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, ada penurunan 5,22 persen. Tahun lalu total penjualan 22,57 juta ton terdiri dari 20,49 juta ton domestik dan 2,08 juta ton ekspor. (fan)