Pemprov Jatim Gelontor Sembako untuk Dapur Umum di Malang Raya

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat melepas truk pengangkut sembako yang akan dikirim ke dapur umum di Malang Raya. Acara pelepasan digelar di Gedung Negara Grahadi, Jumat (15/5/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemprov Jatim mengirim 11 ton beras, 1,4 ton telur dan 900 dos mi  instan untuk disalurkan ke dapur umum di Malang Raya.

Dapur umum bertujuan guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah tersebut.

Kawasan Malang Raya yang terdiri dari Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang akan memberlakukan PSBB pada Minggu (17/5/2020) mendatang.
Pengiriman sembako tersebut dilepas langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di halaman Gedung Negara Grahadi, Jumat (15/5/2020).  Di Malang Raya, Pemprov Jatim akan mendirikan empat dapur umum. Selain itu juga ada enam titik dapur umum yang dikelola Kabupaten dan Kota.
“Semoga bantuan sembako ini mampu meringankan masyarakat yang sedang menjalani PSBB. Sebab, dapur umum itu akan memenuhi kebutuhan makan masyarakat setempat,” kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sesaat setelah melepas truk yang mengangkut sembako.
Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim Suban Wahyudiono menambahkan, bantuan sembako tersebut akan langsung didistribusikan ke dapur umum yang di kelola kabupaten/kota.
“Bantuan yang akan kita berangkatkan ini, nanti kita tujukan kepada dapur umum-dapur umum yang milik kabupaten/kota, itu nanti ada enam titik dapur umum,” tandas Suban.
Untuk distribusi, Kabupaten Malang mendapatan 5 ton beras, 1 ton telur dan 500 dus mi instan. Sedangkan untuk Kota Malang  mendapatkan 3 ton beras, 200 kg telur, dan 200 dus mi instan.  Sedangkan Kota Batu mendapatkan 3 ton beras, 200 kg telur dan 200 dus mi instan. “Malang Raya akan melaksanakan PSBB. Sehingga perlu dibuka beberapa dapur umum,” imbuh Suban.
Untuk dapur umum yang dibangun Pemprov Jatim, tersebar di empat titik. Dua titik di Kabupaten Malang yaitu di Pangdiv Singosari dan di Kodim Kepanjen. Selanjutnya di Kota Malang nanti dapur umum ada di Rindam Rampal. Selanjutnya di Kota Batu, dapur umum provinsi ada di Polresta kota Batu.
“Bantuan ini hanya diberikan pada kabupaten/kota yang melaksanakan PSBB. Sehingga untuk dapur umum yang dari provinsi nanti akan diberikan sendiri dari provinsi,” pungkasnya. fan