Pemkot Surabaya Fasilitasi Ratusan Warga Sekitar Pabrik Sampoerna Jalani Tes Swab

Istimewa
Warga yang tinggal di permukiman sekitar pabrik PT HM Sampoerna menjalani tes swab PCR COVID-19 gratis di depan Gedung Balai Pertemuan Kedung Baruk, Rungkut Surabaya, Rabu (20/5/2020).

SURABAYA (global-news.co.id)  – Ratusan warga yang tinggal di permukiman sekitar pabrik PT HM Sampoerna menjalani tes swab PCR COVID-19 gratis di depan Gedung Balai Pertemuan Kedung Baruk, Rungkut Surabaya, Rabu (20/5/2020).
Sebanyak 115 warga yang menjalani tes swab merupakan mereka yang reaktif COVID-19 hasil rapid test dari klaster penularan COVID-19 di PT HM Sampoerna.
Tes swab PCR COVID-19 gratis yang dihelat Pemkot Surabaya dan Polrestabes Surabaya itu untuk memutus mata rantai penularan corona di wilayah tersebut. Kapolsek Rungkut Surabaya AKP Hendry Ibnu Indarto mengatakan, warga yang menjalani tes swab merupakan mereka yang sebelumnya sudah dinyatakan reaktif dari hasil rapid test.
“Swab gratis ini kita laksanakan untuk warga yang kemarin sudah menjalani rapid test dan hasilnya reaktif, jumlahnya ada 115 orang,” katanya saat ditemui di lokasi.
Hendry membenarkan bahwa ratusan warga Kedung Baruk ini merupakan bagian dari klaster Sampoerna. “Di sini memang banyak kos dari pekerja di Sampoerna,” ucapnya.
Di lokasi tes, petugas sudah menyiapkan ambulan khusus yang siap membawa warga yang hasil swabnya positif corona. Sedangkan hasil swab sendiri bisa diketahui beberapa jam setelah warga diambil spesimennya. pur